Ekonomi

Misi Pelestarian, Hewan Endemik Malra Wallaby Jadi Maskot FPMK 2022

LANGGUR,MALUKU – Salah 1 misi yang di usung Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) pada Festival Pesona Meti Kei (FPMK) 2022 ialah pelestarian hewan endemik yang ada di daerah ini, yakni Kanguru Mini di Pulau Kei Besar.

” Ini merupakan salah satu misi pelestarian hewan endemik yang sering disebut Wallaby atau Kanguru Tanah, yang bisa dijumpai di sejumlah hutan di Pulau Kei Besar. Namun, kini sulit untuk dijumpai atau berkurang, sehingga kita jadikan maskot,” ujar Ketua Panitia FPMK 2022 Budhi Toffi Kepada INTIM NEWS, Minggu (23/10/2022).

Dijelaskan, di wilayah Kei Besar mulai dari Kei Besar Tengah sampai Kei Besar Utara Barat dan Timur, populasinya memang sudah agak berkurang. Untuk itu, jika ada yang menemukan tolong dikembalikan ke habitatnya.

Sementara itu, jelasnya, untuk pelaksanaan event Meti Kei sendiri dirinya menjelaskan  program tahunan ini sudah berjalan sejak tanggal 5 Oktober dengan berbagai kegiatan menuju puncaknya pada tanggal 26 pekan depan.

“Puncak pelaksanaan acaranya sendiri akan digelar di Spot wisata Pantai Ngiar warat yang masih alami baik alam, pantai, maupun keindahan bawah lautnya,” tuturnya.

Kemudian, Budhi menuturkan, menjadi perhatian serius kita melalui momentum ini sendiri yakni hasil ekonomi kreatif yang kita miliki untuk dapat dinikmati dan di bawa pulang oleh pengunjung, baik dalam maupun luar negeri, selama pelaksanaan FPMK tahun ini.

” Untuk keindahan alam, para pengunjung yang datang sudah mendapatkan dan menikmatinya secara langsung, ketika berada di objek wisata pantai Ngiarwarat.

Dirinya juga menambahkan, dalam rangkaian acara yang digelar, ada juga sistem “ngamen”. Dimana musisi dan pekerja seni lokal, diberi ruang dan kesempatan untuk manggung sampai menuju puncak FPMK dengan mengundang artis ibukota.

” Sekaligus sebagai sarana pemberdayaan musisi dan pekerja kreatif lokal Malra,” pungkasnya. (Vera)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top