Berita Parlemen

Nakes Jarang ke Kariuw, Huwae : Pemda Minim Perencanaan Penanganan

AMBON,MALUKU –  Legislator Maluku dapil Maluku Tengah (Malteng), Edwin Huwae, menyesalkan tenaga kesehatan (nakes) yang jarang mengunjungi pengungsi Kariuw. Hal ini terungkap dari hasil temuan Komnas HAM RI, saat mengunjungi Negeri Kariuw, kabupaten Malteng, beberapa waktu lalu.

” Ini menunjukkan, tidak ada perencanaan penanganan pengungsi yang baik, oleh pemerintah daerah (pemda) provinsi Maluku maupun pemda kabupaten Malteng”,  sesal Huwae, yang diutarakan saat diwawancarai INTIM NEWS, Senin (01/08/2022).

Huwae menilai, sekiranya jika memang tidak ada Good Will dari pemerintah daerah untuk menangani pengungsi, Saya pikir ini  patut disesalkan.

Menurutnya, mereka ini yang mengungsi, merupakan Warga Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pemerintah dan negara harus hadir untuk melihat permasalahan tersebut.

” Tentunya ini menggambarkan, secara langsung pemerintah daerah tidak mampu dalam menangani hal-hal tersebut, apalagi layanan kesehatan merupakan hal urgent bagi pengungsi,” tandas Politisi Besutan PDI-Perjuangan tersebut.

Tanggung jawab, tuturnya, bukan hanya berada di Dinas Kesehatan saja, melainkan Dinas Sosial dan seluruh stakeholder terkait, bagaimana Maluku ini aman dan damai tetapi kalau perwujudannya tidak ada dalam menangani proses persoalan pengungsi Kariuw, maka itu hanya sebatas “bualan” saja.

Huwae menambahkan, hari ini tugas pemerintah adalah mencari formulasi penyelesaian, mencari solusi agar supaya kehidupan mereka di pengungsian jangan berlarut-larut. (Vera)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top