Buru

JAM Apresiasi Kerja Ditreskrimum Polda Maluku

AMBON,MALUKU – Sekretaris Jaringan Aktivis Maluku (JAM), Liprent Ode Filla, mengapresiasi kinerja Ditreskrimum Polda Maluku yang telah menetapkan status hukum Ramli Umasugi sebagai tersangka, atas pencemaran nama baik.

Hal ini disampaikan Liprent, terkait dengan kasus pencemaran nama baik yang menyeret nama salah seorang Anggota DPRD Kabupaten Buru, M. Rustam Fadly.

” Jadi, kasus ini sudah ada pada tahap penyidikan dan sudah ada beberapa saksi yang diperiksa yakni, pemeriksaan terhadap saksi ahli dari ahli bahasa dan pidana Unpatti Ambon,” beber Liprent saat diwawancarai INTIM NEWS, Sabtu (28/05/2022).

Pasalnya, dirinya menuturkan, telah diterbitkannya Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyelidikan (SPDP) dengan nomor surat : SP2HP/212.a/VII/RES.1.14.2021/DITRESKRIMUM yang telah di kirim ke Kejaksaan Tinggi Maluku.

” Katanya, sekarang Penyidik telah melakukan langkah-langkah sesuai prosedur yang dilakukan dengan sejumlah pemeriksaan terhadap para saksi maupun ahli,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Liprent, terkait dengan mekanisme pemeriksaan kepala daerah, sudah sesuai dengan  Undang Undang Nomor 23 Tahun 2014.

” Kami sangat mengpresiasi langkah terukur yang dilakukan ditreskrimum Polda Maluku dalam hal ini tentang diumumkanya status tersangka, setelah masa jabatannya selesai. Agar proses hukum yang bersangkutan, tidak lagi harus menyurati Kemendagri,” cetusnya.

Dengan langkah ini, dirinya menambahkan, maka kami percaya bahwa penegakan hukum di Polda Maluku tidak pandang bulu. Polda Maluku  telah mampu memberikan rasa keadilan kepada pelapor yang merasa kehormatannya diserang di muka umum. (IN07)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top