Hot News

Sinay Pimpin Rombongan Bapera Maluku Menuju Jambore Nasional Bela Negara

AMBON,MALUKU – Wakil Ketua DPD Barisan Pemuda Nusantara (Bapera) Demianus Sinay menjelaskan, DPD Bapera Maluku akan mengikuti Jambore Nasional Bela Negara Bapera, di Bumi Perkemahan Cibubur.

Dikatakan, tujuan Jambore Nasional Bela Negara Bapera ini untuk membentuk kader-kader Bapera yang memiliki jiwa dan mental yang kuat, dengan karakter anak bangsa yang terus berjuang dan bekerja keras sebagai generasi yang berintegritas.

Menurut Sinay, Jambore dilaksanakan selama tiga hari,24 – 27 Maret 2022.

“ Di dalam kegiatan Jambore ini, ada sejumlah pembicara nasional yang akan memberikan materi, selain latihan fisik untuk menghasilkan pemuda/pemudi yang tangguh sehat jasmani maupun rohani,” ujar Sinay yang juga Ketua Rombongan Tim Jambore Nasional Bela Negara Bapera, di Ambon, Rabu (23/03/2022).

Lebih lanjut dikatakan, Maluku akan mengirim sekitar 100 orang peserta Bapera dari seluruh kabupaten/kota se-Maluku.

Sementara itu, Ketua DPD Bapera Maluku Subhan Pattimahu mengatakan, diharapkan Bapera Maluku mengikuti kegiatan Jambore ini, merupakan modal penting menegakkan NKRI dan menjaga Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia.

Subhan menuturkan, bela negara ini sangat penting bagi pemuda Maluku untuk hadir dan berpartisipasi serta mendapatkan pendidikan karena kegiatan ini terkait erat, dengan terjaminnya eksistensi NKRI dan terwujudnya cita-cita bangsa sebagaimana termuat dalam Pembukaan UUD RI tahun 1945.

Menurutnya, sadar bela negara itu berbakti untuk bangsa dan negara serta kesediaan berkorban membela negara.

“ Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan negara. Dengan era digitalisasi terasa sekali bahwa terbuka akses informasi dan teknologi luar secara bebas ini telah menurunkan rasa dan raba dan semangat nasionalisme, sehingga salah satu solusi adalah Diklat Bela Negara yang akan dilaksanakan oleh DPP BAPERA,” ungkapnya. (ulin)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top