Berita Parlemen

Fraksi PKS Ambil Langkah Antisipasi Tuna Aksara di Waelmotan Telutih

Asis Sangkala - Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku

AMBON,MALUKU – ” Antisipasi tuna aksara di desa Waelmotan, kecamatan Telutih, ke depan, kami akan berkoordinasi dengan DPRD setempat, dalam hal ini komisi yang membidangi pendidikan, dan fraksi kami Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Agar legislator dapil tersebut, bisa secara langsung melihat kendala yang terjadi, apakah ini karena fasilitas yang kurang memadai, tenaga pendidik atau jarak desa dan fasilitas sekolah yang terlalu jauh,” ungkap Asis Sangkala, Wakil Ketua DPRD Maluku asal Fraksi PKS, saat di konfirmasi INTIM NEWS, Selasa (25/01/2022), terkait tuna aksara yang di temui desa Waelmotan, Kabupaten Maluku Tengah beberapa waktu lalu.

Sangkala menuturkan, terkait dengan kondisi yang ditemui, kami berharap sungguh, pemkab Malteng agar segera melihat fenomena yang terjadi.

Pada dasarnya ungkap Sangkala, untuk wilayah kabupaten, akses sarana pendidikan khususnya Sekolah Dasar (SD) kita pastikan tersedia, hanya masih minimnya tenaga pengajar dan juga masalah sarana dan prasarana yang mungkin saja tidak memadai.

” Di sisi lain, pemerintah negeri, jangan sampai abai terhadap anak usia sekolah yang tidak bersekolah. Ini harus diwajibkan, nanti menjadi tugas Pemda menyiapkan sarana dan prasarana. Jika kolaborasi ini sudah terjadi, tidak ada lagi buta aksara di pelosok,” bebernya.

Maka dirinya menilai, yang kita butuhkan adalah sinergitas antara badan pemberdayaan masyarakat desa, juga koordinasi antara kepala desa.

” Pemerintah kabupaten, harusnya sigap melihat fenomena ini dan responsif menyampaikan permasalahan,” ujarnya.

Sangkala juga tegaskan sembari berharap, semoga langkah koordinasi yang diambil bisa menjadi catatan kritis, bagi pemerintah kabupaten dan instansi terkait. (Vera)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top