Berita Parlemen

Dugaan Ilegal Logging, PT Nusapdma Diadukan Ke DPRD Maluku

AMBON,MALUKU – Kuat dugaan, PT Nusapdma melakukan penebangan dan penjarahan hutan secara liar atau “ilegal loging” dan penyerobotan lahan pada kawasan hutan di Desa Fogi Kecamatan Kepala Madan Kabupaten Buru Selatan (Bursel) Provinsi Maluku.

Dugaan ilegal loging ini dikemukakan kuasa hukum pemilik lahan di Desa Fogi, Yani Hakim kepada awak media di lobby Kantor DPRD Maluku, Rabu (08/9/2021).

Yani menjelaskan, PT Nusapdma merupakan perusahaan yang bergerak di bidang loging, dimana pada bulan januari tahun 2019 mulai melakukan aktifitas di Bursel.

“Januari 2019 mereka datang di Bursel melakukan penebangan hutan, serta mendirikan base camp di petuanan Desa Fogi, kecamatan kepala Madan kabupaten bursel tanpa seijin dan sepengetahuan pemilik lahan,” ungkap Yani.

Kemudian di tahun 2020, sebut Yani, pemilik lahan menemui pihak perusahaan tersebut, untuk menegur secara lisan, sehingga lahir kesepakatan jika PT Nusapdma melakukan aktivitas harus seijin pemilik lahan.

Namun, sangat disesalkan karena pada bulan februari 2021 barulah pemilik lahan mengetahui, PT Nusapdma melakukan aktivitas penebangan serta membuat lopong atau tempat penampungan kayu serta tempat pemuatan kayu di areal lahan setempat milik pemilik lahan,” cetusnya.

Yani membeberkan, PT Nusapdma telah melakukan aktivitas penebangan sejak Februari 2021 dan pemuatan kayu log sebanyak 5 tongkang dan kapasitas tongkang sebanyak kurang lebih 4 (empat) ribu kubik, sehingga jika ditotalkan menjadi 20 ribu kubik.

Menurutnya, akibat dari kegiatan, modus dan tindakan yang dilakukan mempunyai tendensi dan potensi melawan hukum sehingga merugikan pemilik lahan.

Oleh karena itu, saat ini kami ajukan pengaduan kepada DPRD untuk melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama PT Nusapdma, Dinas Kehutanan, DPRD (Komisi II) dan juga kami, hanya saja PT Nusapdma dan Dinas Kehutanan tidak hadir, sehingga menjadwalkan ulang di tanggal 23 September 2021 mendatang,” tutupnya. (Vera)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top