Kota Tual

Sampah Kapal Andon Cemari Laut Konservasi TPK Kei Kecil

KEI,MALUKU – Kepala Seksi Pembinaan Nelayan Kecil, Dinas Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Maluku Tenggara, Mufti Ingaratubun mengemukakan, banyaknya sampah Kapal Andon (pengambil telur ikan) asal luar daerah, mencemari Taman Pulau Kecil (TPK) Kei Kecil, Rabu (18/08/2021).

TPK Kei Kecil merupakan salah satu wilayah konservasi di Maluku dengan potensi perikanan, laut, maupun darat yang perlu dijaga.

” Banyak sampah yang kita temui, ketika melakukan penyelaman pada Sabtu (14/08/2021), sampah-sampah tersebut berupa sampah organik maupun anorganik,” ungkap Ingaratubun.

Jelasnya, sampah-sampah menutupi terumbu karang tersebut, merupakan sampah dari kapal andon pengambil telur ikan, yang memanfaatkan wilayah konservasi untuk berlabuh.

” Tentunya, akibat sampah-sampah tersebut dapat mengancam perkembangan ataupun pertumbuhan biota laut,” tandas Ingaratubun.

Ia membeberkan, aktifitas kapal-kapal andon kerap memanfaatkan wilayah konservasi untuk berlabuh, sehingga dapat dijumpai seperti apa kondisi bawah laut yang begitu banyak sampah daun kelapa serta sampah lainnya.

Terkait penyelaman pada Sabtu pekan kemarin, ia menyebutkan, tujuannya adalah ia bersama penyelam lainnya hendak mengibarkan bendera merah putih dan spanduk menyongsong HUT RI ke 76.

” Namun, selain tujuan tersebut, Saya juga ingin memastikan, apakah tidak ada sampah milik kapal andon tidak dibuang ke laut. Karena pada bulan Juli kemarin, Saya sempat menemui salah satu nelayan, menanyakan terkait sampah-sampah mereka dan dijawab bahwa dibakar di daratan,” ujar Ingaratubun.

” Hasilnya, seperti apa yang kami temui rupanya sampah-sampah banyak di temui, hingga menutupi terumbu karang dan itu sangat menggangu biota laut di kawasan konservasi,” tutupnya. (Vera)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top