Berita Parlemen

Maluku Punya Hak Setara Dengan Daerah Lain

Mumin Refra - Kefra Pembangunan Bangsa DPRD Maluku

AMBON,MALUKU – Rancangan Undang Undang (RUU) untuk menjadikan Maluku sebagai Daerah Kepulauan, hingga kini masih dalam proses pembahasan selama 2 tahun di DPR RI.

Ketua Fraksi Pembangunan Bangsa, DPRD Maluku, Mumin Refra, Jumat (28/05/2021) menegaskan, bagi kami undang-undang ini sangat penting, bukan hanya untuk kepentingan daerah, namun juga kepentingan nasional.

” Maluku sebagai bagian dari negara ini secara nasional, punya hak setara dengan daerah-daerah lain di republik ini,” tandas Refra.

Dikatakan, Aceh dengan kekhasannya, Papua dengan otonomi khususnya, maka geografis Maluku menuntut diundangkan sebagai daerah kepulauan, seperti halnya keinginan 7 daerah lain di Indonesia yang juga menuntut hal yang sama.

Refra meyakini, ketika RUU ini ditetapkan menjadi Undang-Undang, sudah pasti akan terjadi regulasi besar-besaran di Maluku, terutama regulasi untuk meningkatkan pendapatan daerah dan seluruh sumber- sumber alam yang disini, akan dihitung menjadi sebuah pendapatan yang maksimal untuk daerah ini.

” Jadi, kita berharap RUU ini segera di undangkan menjadi Undang-Undang, dimana saat ini sudah masuk pada Program Legislasi Nasional (Prolegnas),” tutupnya. (Vera)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top