Lintas Peristiwa

Toleransi Anak Muda Kei Manokwari Sambut Bulan Ramadhan

MANOKWARI,INTIM NEWS – Menyambut bulan suci Ramadhan, Pemuda Kei Manokwari, menggelar aksi bakti sosial, di tempat pemakaman umum (TPU) Muslim yang berada di Pasir Putih Distrik Manokwari Timur, Kabupaten Manokwari.

Wujud toleransi ini, semula telah tercermin dalam falsafah Kei yakni ‘Manut ain mehe ni tilur, vu’ut ain mehe ni ngivun’, mengandung arti yang sangat mendalam, seperti semua anak Kei dari satu moyang dan hanya agama menjadi pemisah tetapi sesungguhnya adalah 1.

IMG-20210411-WA0077

” Kegiatan Pemuda Kei di TPU Muslim di Pasir Putih, merupakan wujud nyata yang hari ini kita lakukan, sebagai bentuk toleransi anak-anak Maluku Tenggara,” ujar Paskalis Renyaan, Ketua Pemuda Kei Manokwari, Minggu (11/04/2021).

Perlu diketahui, lanjut dia, yang hadir dan mengambil bagian dalam aksi sosial ini bukan hanya Muslim, namun juga seluruh pemuda Kei, baik Katolik maupun Protestan.

IMG-20210411-WA0075

” Kegiatan dalam rangka menyongsong bulan ramadhan ini sudah seirama dengan falsafah Kei yakni, ‘Manut ain mehe ni tilur, maut ain mehe ni ngivun’. Jadi sekalipun di rantau kita harus tetap bersama,” tuturnya.

Harapan Paskalis, lewat kegiatan bakti sosial seperti ini, bisa terjalin silaturahim antar saudara, agama dan bahkan suku di tanah Manokwari.

Sementara itu, Saleh Siknun juga menambahkan, sebagai bagian dari anak Maluku Tenggara (Kei), pihaknya menyambut baik dengan kegiatan yang dilakukan oleh Pemuda Kei.

IMG-20210411-WA0076

” Disinilah rasa persaudaraan ini dipupuk, menjadi gambaran umum bahwa bulan suci Ramadhan bukan hanya untuk saudaranya yang muslim, namun mereka pun ikut mengambil bagian dalamnya,” ujar Saleh.

Kata dia, rasa persaudaraan itu tidak hanya di kampung, namun dia terbawa hingga di tanah rantau.

” Kita berharap kegiatan ini tidak hanya sebatas bulan puasa, namun akan lanjut baik natal atau tahun baru tetap berjalan,” tuturnya. (Safwan)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top