Berita Parlemen

Pekan Ini, DPRD Maluku Sampaikan Pokir Ke Pempus dan DPR RI

Lucky Wattimury - Ketua DPRD Maluku

AMBON,MALUKU – Aspirasi DPRD Provinsi Maluku berupa Pokok Pikiran (Pokir), pekan ini bakal disampaikan kepada Pemerintah Pusat (Pempus) dan DPR RI, sehubungan dengan APBN 2022.

Ketua DPRD Maluku, Lucky Wattimury, Senin (05/04/2021) menyampaikan, penyampaian Pokir adalah salah satu tugas penting, yang akan DPRD laksanakan kepada Pempus dan juga DPR RI.

” Koordinasi dengan Bappeda Maluku sudah dilakukan, begitu juga komisi-komisi juga sudah berkoordinasi dengan mitranya, untuk merumuskan masalah atau kegiatan apa yang nanti disampaikan kepada Pempus,”terang Wattimury.

Wattimury menandaskan, aspirasi berupa pokok-pokok pikiran DPRD ini selanjutnya, akan dikaji,  dipertimbangkan dan dimasukkan dalam APBN tahun 2022.

APBD Maluku, menurut Wattimury, jumlahnya sangat kecil, tahun 2021 ini APBD-nya Rp3,3 triliun. Dari jumlah ini, 50 sampai 60 persen dipakai hanya untuk belanja rutin, sehingga anggaran tersedia untuk kegiatan pembangunan sangat sedikit.

Sehingga, kata Wattimury, kalau kita tidak memperjuangkan anggaran dari pempus melalui APBN, maka APBD tentunya tidak mencukupi, ini menjadi tanggung jawab bersama DPRD Maluku bersama Pemprov Maluku.

Wattimury menambahkan, pada Rabu ini, DPRD Maluku akan bertemu dengan Anggota DPR RI dan DPD RI asal Maluku berkoordinasi, karena memperjuangkan Maluku di Pempus harus bersama-sama, tidak bisa Pemda dan DPRD Maluku berjalan sendiri.

” Kita coba bangun satu ruang, dimana kita dapat lakukan diskusi bersama, karena kita tahu peran Anggota DPR RI dalam menetapkan APBN itu sangat besar. Diskusi ini guna mempertimbangkan rencana pembangunan daerah tahun 2022, dapat masuk dalam APBN,” pungkas Wattimury. (Vera)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top