Maluku

Kadikbud Maluku Jamin Penerimaan PDB Prosedural

AMBON,MALUKU – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadikbud) Provinsi Maluku, Insun Sangadji menjamin, penerimaan Peserta Didik Baru (PDB) di Maluku, akan dilakukan sesuai prosedur.

Jaminan ini dikemukakan Sangadji, dalam Coffe Morning yang digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Maluku bersama insan pers di Maluku, Kamis (01/04/2021).

IMG-20210402-WA0111

” Kami menjamin bahwa penerimaan peserta didik baru, akan dilakukan sesuai dengan prosedur,” ungkap Sangadji.

Jelas Sangadji, zonasi akan tetap diberlakukan pada peserta didik baru untuk masuk pada satu sekolah, tidak dibolehkan ada anak-anak yang tinggal di zona atau wilayah lain, kemudian masuk ke sekolah di wilayah yang bukan zonanya dan  sekolah-sekolah harus mematuhi peraturan ini.

Zonasi ini, sebut Sangadji, filosofinya adalah untuk mendekatkan murid dengan sekolah, artinya yang berhak untuk masuk suatu sekolah adalah, anak-anak yang tinggal di sekitar sekolah tersebut, ini yang akan kita tegakan sekarang.

” Kita memiliki empat (4) jalur yang harus ditempuh dalam penerimaan PDB, ada zonasi, afirmasi, kepindahan orangtua dan prestasi, zonasi itu besar 70 persen sementara tiga lainnya 30 persen, jadi yang tidak masuk dengan zonasi, dia dapat masuk dengan 3 jalur tersebut,” terang Sangadji.

Kemudian, tambahnya, lulusan terbanyak akan mendapatkan jatah terbesar dan akan dipantau, pada saat tes akan kita lihat siapa yang bisa, namun tidak mungkin mereka bersaing antara kabupaten/kota, misalnya Ambon dengan Bursel, itu kita harus menyepakatinya terlebih dahulu.

Sangadji di kesempatan yang sama, meminta agar insan pers dapat memantau hal tersebut. Jika memang ada yang tidak benar tolong di laporkan kepada kami, karena sekolah kita cukup banyak dan kita tidak dapat memantau secara keseluruhan dengan intens. (Vera)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top