Berita Parlemen

Sebagian Anak Pejabat Sekolah Dengan Uang Otsus Papua

M. Sanusi Rahaningmas, Anggota DPD RI daerah pemilihan (dapil) Papua Barat

MANOKWARI, INTIM NEWS – Rupanya sejumlah uang yang mengalir dari dana otonomi khusus (Otsus) Papua, digunakan untuk menyekolahkan anak-anak pejabat di daerah ini.

Hal tersebut disampaikan oleh M. Sanusi Rahaningmas, Anggota DPD RI daerah pemilihan (dapil) Papua Barat. Ia mengaku, dana Otsus Papua nyatanya dimanfaatkan untuk sejumlah anak-anak pejabat di daerah ini.

” Kita harus menyadari bahwa dana Otsus ini, memang dimanfaatkan untuk sejumlah anak-anak pejabat dan ada sebenarnya,” ujar Rahaningmas, Senin (22/03/2021).

Menurut dia, harusnya dana Otsus itu difokuskan untuk anak-anak Papua, yang mana orang tuanya tidak mampu. “Terutama anak-anak yang ada di pulau, di balik gunung dan lembah,” tuturnya.

Lanjut dia, mereka yang memang punya keinginan untuk lanjut sekolah, namun terbentur dengan persoalan finansial (anggaran), maka lewat Otsus inilah dipakai untuk mewujudkan mimpi mereka.

” Mereka inilah yang harus diprioritaskan, jika memang ada kelebihan maka silahkan. Tetapi kalau belum, maka harus mereka anak-anak Papua yang tidak mampu diprioritaskan,” ucap Rahaningmas.

Dalam pengelolaan ini juga, menurut dia, jangan hadirkan sistem family, suku dan lain sebagainya, yang namanya anak Papua harus diprioritaskan.

” Jangan sampai ada anak Papua yang mau sekolah, namun tidak punya orang di dalam sistem, sehingga mimpinya untuk lanjut malah mandek,” ujarnya.

Harapan Rahaningmas, Otsus Papua dengan pro kontra selama ini, semoga dia tetap berlanjut sehingga, anak-anak Papua yang tidak mampu ini harus tetap diprioritaskan. (Safwan)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top