Papua Barat

2022, SMK Dirgantara Hadir di Papua Barat

Arius Mofu - Kepala Bidang SMK Pada Dinas Pendidikan Provinsi Papua Barat

MANOKWARI, INTIM NEWS – Dinas Pendidikan Provinsi Papua Barat, melalui Bidang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), berencana untuk mendirikan SMK Dirgantara (Penerbangan) di daerah ini.

Arius Mofu, Kepala Bidang SMK mengatakan, untuk SMK Dirgantara sebenarnya masih dalam wacana ke depannya.

” Namun hal ini menjadi mimpi besar, untuk kita di Papua Barat. Semua daerah di Papua Barat harus lewat moda transportasi udara (pesawat),” ujar Arius, Senin (01/03/2021).

Saat ini, kata dia, sudah begitu banyak jenis pesawat seperti Susi Air dan yang lainnya, semuanya ada di Papua. ” Tapi kita juga harus memiliki lembaga pendidikan yang mumpuni,” ucapnya.

Arius  menjelaskan, untuk provinsi Papua (Jayapura) sendiri sudah ada sekolah penerbangan, sedang Papua Barat hingga kini belum punya.

” Selama ini pemerintah Papua Barat, melalui Dinas Perhubungan, sudah mengirim anak- anak untuk sekolah di dataran pulau Jawa. Saat ini sudah waktunya kita di Papua Barat, memiliki sekolah penerbangan. Yang akan kita usahakan untuk berdiri di salah satu kabupaten/kota di Papua Barat, paling lambat 2022,” ungkap dia.

Lanjut dia, paling lama tahun depan, sekolah penerbangan sudah harus berdiri di Provinsi Papua Barat.

” Tentu semua itu harus melalui analisis studi kelayakan dan lain sebagainya, sebab SMK  saat ini sudah setingkat dengan D1 bahkan D2, sehingga fasilitas pendukung semuanya harus lengkap,” tuturnya.

Di SMK Penerbangan, Arius berencana untuk membuka beberapa jurusan, mulai dari Pilot, Engine, Pramugara/Pramugari, Operator Lapangan dan bahkan hingga Management Udara.

” Ada 5 jurusan dan pendidikannya bersifat taruna. Baik itu sekolah pelayaran atau dirgantara,” sebutnya. (Safwan)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top