Kesehatan

Terkendala Ruangan, Jumlah Terdeteksi Positif Covid-19 Menurun

MANOKWARI,INTIM NEWS – Terkendala ruangan yang tidak memadai untuk mendukung kegiatan tim gugus tugas, angka pasien positif Covid-19 di Provinsi Papua Barat, akhir-akhir ini mulai menurun.

Hal ini diungkapkan oleh Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Papua Barat, dr. Arnold Tiniap. Dia menjelaskan, jika ingin mengetahui angka pasien positif menurun, harusnya secara konsisten dilakukan penilaian epidemiologi, sama dengan waktu sebelumnya.

Dirinya menjelaskan, jika dikatakan penderita Covid-19 menurun, dengan jumlah pemeriksaan sejak awal korona hingga hari ini, yang terdeteksi positif mulai berkurang.

” Maka itu, baru bisa kita katakan, angka penularan virus Covid-19 di Papua Barat menurun,” tutur Arnold.

Tetapi, dia mengungkapkan, seperti yang terjadi di Papua Barat itu, sekitar satu bulan belakangan. Ada pengurangan jumlah sampel untuk dilakukan pemeriksaan.

” Masing masing daerah punya masalah tersendiri,” akuinya, yang juga menjabat Kepala RSUD Provinsi Papua Barat, Sabtu (19/12/2020).

Kalau untuk provinsi, tuturnya, pihaknya sementara ini terkendala di ruangan. “Karena memang kita butuh ruangan yang betul-betul steril dan bertekanan negatif,” ucapnya.

Lanjut dia, hal-hal tersebut  yang menjadi penting dan perlu diperbaiki. Karena bisa mempengaruhi hasil pemeriksaan, sementara alat dan lainnya, tetap tersedia.

” Bagi Saya ruangan perlu diperbaiki, karena kita bekerja dengan bahan- bahan infeksius. Jadi standarnya pun harus betul-betul diawasi,” ungkapnya.

Jadi, bebernya, Papua Barat mengalami penurunan, bukan berarti jumlah pasien terdeteksi berkurang. Namun karena ada kendala lain seperti, ruangan tidak sesuai standar, sehingga jumlah sampel yang di tes harus dikurangi. (Safwan)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top