Maluku

Gubernur dan Bupati Kibarkan Bendera Merah Putih di Tanjung Weduar Feer

MALRA,MALUKU – Gubernur Maluku, Murad Ismail, bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maluku Tenggara (Malra), menggelar Kirab Kebangsaan dan Pengibaran bendera Merah Putih di Tanjung Luswed Ohoi Weduar Feer, yang terletak di Kecamatan Kei Besar Selatan Barat, Kabupaten Maluku Tenggara. Kawasan Tanjung Luswed Ohoi Weduar Feer, merupakan salah 1 kawasan perbatasan atau tapal batas negara yang berbatasan langsung dengan Australia, Selasa (27/10/2020).

Pantauan INTIM NEWS, Gubernur Maluku didampingi Bupati Malra M. Thaher Hanubun, mengibarkan bendera Merah Putih di Tanjung Luswed Weduar Feer, dengan bantuan 3 penyelam. Para penyelam mendatangi Gubernur yang memegang bendera Merah-Putih, di perahu cepat yang tidak jauh dari lokasi pengibaran bendera.

Mantan Dankor Brimob itu, lalu menyerahkan bendera ditangannya yang selanjutnya dikibarkan. Acara pengibaran bendera di tanjung perbatasan NKRI, jadi salah satu dari rundown acara dalam rangka menyambut Hari Sumpah Pemuda ke-92 tahun 2020, yang juga disaksikan masyarakat dan peserta Parade Kebangsaan dan Kirab Merah Putih.

Total ada 101 angkutan laut yang ikut dalam parade itu antara lain, 4 kapal milik PPLP, 1 kapal Ferry ASDP, 48 speed boat milik OPD, 45 speed boat dari perwakilan 11 kecamatan, 1 sea rider Lanal Tual, 1 sea rider PSDKP Tual dan 1 speed boat Polairud Tual. Sejumlah speed boat, dilengkapi dengan pengeras suara. Mereka memutar lagu-lagu patriot menambah kesemarakan acara siang itu. Tak ketinggalan satu regu seni tifa gong, ikut meramaikan suasana dengan pukulan tifa gong dan menari tarian adat Kei. Regu tersebut terus mengiringi rombongan Gubernur Maluku dan Bupati Malra menuju Tanjung Luswed untuk mengibarkan bendera Merah Putih.

received_683076839077093

Usai mengibarkan bendera, Gubernur dan rombongan melihat-lihat hasil karya komunitas panjat tebing Malra yang mengecat tebing karang bercorak merah-putih. Sebelumnya, saat tiba di Weduar Feer, Gubernur dan rombongan disambut masyarakat setempat dengan tradisi adat.

Dalam rangkaian acara memperingati hari Sumpah Pemuda di Malra, Gubernur juga mengikuti berbagai kegiatan, di antaranya melepas peserta parade kebangsaan dan Kirab Merah Putih, serta membuka pelatihan pembangunan karakter bangsa, bagi pemuda Malra di lokasi perkemahan Ohoi Rahangiar.

Turut hadir dalam acara itu selain gubernur dan bupati, yakni, Asdep Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan Laut Gatot Yanrianto, Asdep Koordinasi Wilayah Perbatasan dan Tata Ruang Pertahanan Kolonel Infanteri I Gede Agit Thomas, Kasubdit Pulau Kecil dan Terluar Ditjen Pengelolaan Ruang Laut Kementerian KKP Dr. Ahmad Haris, Analis Kebijakan Wilayah Beny Naryanto, Ketua DPRD Maluku Lucky Wattimury dan Anggota, Sekda Maluku Kasrul Selang, Forkopimda Malra, Sekda Ahmad Yani Rahawarin, pimpinan OPD Provinsi Maluku dan Pemkab Malra, tokoh adat, tokoh agama, tokoh pemuda, masyarakat dan tamu undangan lainnya.

Untuk diketahui, sesuai rundown acara yang diterima media ini, besok dilaksanakan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-92, peninjauan kebun PKK, peletakan batu pertama pembangunan SMK Perikanan Rahangiar, tarik tali (Kei: wer warat) dan launching spot selam Weduar Feer. (Jufri)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top