Kesehatan

DLHP Kota Ambon Gelar FGD Pengelolaan Sampah

AMBON,MALUKU – Sebagai upaya untuk bisa mensejajarkan diri, dengan daerah-daerah lain yang sudah maju dalam perspektif pembangunan, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan (DLHP), menggelar Focus Group Discussion (FGD) , yang terlaksana di salah satu hotel di kota Ambon, Senin (19/08/2019).

Walikota Ambon Richard Louhenapessy dalam sambutannya mengatakan, apa yang kita lakukan hari ini adalah, sebagai bentuk upaya untuk bisa mensejajarkan diri dengan daerah-daerah lain yang sudah maju, dalam perspektif pembangunan.

” Masalah sampah adalah masalah global, bukan masalah Ambon atau Maluku, bukan juga masalah Indonesia, melainkan sampah adalah masalah global dan masalah dunia,” tegasnya menerangkan.

Katanya, fakta membuktikan, Indonesia sebagai penyumbang sampah plastik terbesar kedua di dunia, setelah Republik Rakyat Cina (RRC).

IMG-20190820-WA0027

Dalam sebuah kondisi intelektual tentang program- program industri, lanjutnya, hal ini bisa menjadi program kita bersama dimana, Indonesia menjadi penyumbang sampah plastik terbesar secara internasional, sehingga dirasakan sangat memprihatinkan .

” Selaku Walikota secara pribadi , Saya tidak pernah meras puas. Memang secara formal dan normatif kita memenuhi syarat tersebut. Namun, secara material akan terjadi kontradiksi . Pada saat Adipura diperoleh, banyak media cetak maupun online yang menyebarkan betapa banyak sampah yang bertebaran di titik tertentu,” tuturnya.

Walikota menuturkan, manusia harus betu-betul memiliki hati dalam mengelola sampah secara baik , kalau sudah didukung dengan anggaran yang memadai . Oleh karena itu, harus diimplementasikan di lapangan.

“Kepada semua unsur yang mengikuti FGD ini, dapat melakukan diskusi, agar dapat membantu pemerintah kota Ambon, bagaimana cara dan upaya yang baik dalam menangani masalah sampah,” harapnya.

Pemerintah kota Ambon, tambahnya, akan mengambil kebijakan berdasarkan hasil keputusan rapat, dimana hasilnya menyatakan sumber sampah yang paling besar adalah, sampah plastik . Maka kami akan mengeluarkan Peraturan Walikota (Perwali), untuk masalah plastik di kota Ambon. (CR01)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top