Kota Tual

Dandim 1503 Malra Apresiasi Kesadaran Masyarakat Menjaga Kamtibmas

MALRA, MALUKU – Komandan Distrik Militer (Dandim) 1503 Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) dan Kota Tual, Letkol. Arh . Yoyo Karyo mengatakan, selaku penanggung jawab kepala wilayah pengamanan TNI yang tergabung dalam Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL) dan Angkatan Udara (AU), selalu siap siaga untuk mengamankan Pemilu, hingga tahapan pelantikan.

” TNI, sesuai tupoksinya selalu siap, membackup Kepolisian dan untuk itu, komunikasi dan koordinasi dengan Kapolres Malra, Indra Fadillah Siregar beserta jajarannya selalu terjalin dengan baik. Secara personil kita sudah siap, dari Kodim sendiri sudah menyiapkan 300 personil AD, digabung dengan Laut dan Udara, ada sekitar 400 personil,” ungkap Dandim Letkol. Arh. Yoyo Karyo, saat ditemui INTIM NEWS, di Markas Komando Distrik Militer (Makodim) 1503 Malra, Senin (24/4/19).

“TNI dan Polri, berkomitmen untuk tetap mengawal pelaksanaan Pemilu 2019, dengan tetap menjaga keamanan dan memberikan kenyamanan bagi masyarakat,” tegasnya.

Dandim ungkapkan, jauh sebelum pelaksanaan Pemilu itu sendiri, berbagai kegiatan baik itu apel gabungan, road show keliling di kota Tual dan Kabupaten Malra, rutin kami lakukan. Hal tersebut semata hanya untuk, membuat rasa nyaman bagi masyarakat, bukan sebaliknya ingin menakuti.

” Berkaca dari pengalaman pilkada lalu, di mana daerah ini ditetapkan sebagai daerah rawan konflik, ternyata kita dapat mematahkan prediksi itu dan dengan dasar pengalaman tersebut, kami gunakan juga untuk pengamanan pemilu serentak tahun ini,” ujarnya .

Menurutnya, tahapan pemilu 2019 belum selesai. Untuk itu, personil yang dipimpinnya masih tetap bersiaga dan terus melakukan pemantauan dan monitoring tahapan kegiatan Pemilu, yang dimulai sebelum tanggal 17, sampai dengan pleno penetapan hingga waktu pelantikan nanti dan TNI-Polri selalu siap,” tandasnya.

Tuturnya lagi, kita juga punya pasukan cadangan yang siap untuk dikerahkan, baik yang ada di Kodim dan juga di Ibra. Misalkan ada eskalasi mengalami peningkatan dan ada permintaan mendadak dari kepolisian, tinggal kita komando.

Sementara itu, ujarnya, untuk pengamanan setiap personil TNI di tiap TPS, memang masih terbatas. Namun, sejauh ini kinerja Babinsa dalam hal pengawalan bersama Polri di lapangan, tetap berjalan aman dan lancar.

Satu hal yang perlu digarisbawahi, lanjut Dandim, terciptanya situasi keamanan dan ketertiban di masyarakat, baik di Malra dan Kota Tual, itu karena semakin tingginya kesadaran masyarakat.

“Sesiap apapun TNI/Polri, namun jika tidak didukung dengan keinginan dan kesadaran masyarakat untuk menjaga stabilitas, tentunya itu menjadi hal yang sulit. Namun menurut Saya, kesadaran masyarakat di kedua wilayah ini, sangat luar biasa,” imbuhnya.

466523cb2b47049ee4c071315cd60dbb.0

Dijelaskan lagi oleh Dandim, kami selalu menggunakan metode pencegahan, artinya, apabila ada hal – hal yang mungkin saja akan terjadi, itu selalu kami antisipasi dan peran Babinsa selalu kami kedepankan untuk, melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga keamanan. Peranan Babinsa dalam melakukan komunikasi sosial kemasyarakatan yang lebih utama, karena dia melakukan informasi yang non formal.

” Saya selalu menekankan pada Babinsa, selain program yang sudah ada, penting sekali untuk melakukan komunikasi sosial tentang berbagai hal positif dan menciptakan suasana harmonis dengan masyarakat, agar bagaimana kita bisa mengambil hati rakyat melalui para Babinsa, itulah kunci kesuksesan TNI Manunggal dengan rakyat,” katanya.

Dirinya menegaskan, sejauh ini situasi dan kondisi baik di Malra dan Kota Tual, dalam keadaan aman dan kondusif serta tidak ada peristiwa yang mengkhawatirkan.

” Memang ada beberapa kejadian yang sudah kita ketahui kemarin, karena faktor ketidakpuasan mungkin dari rekan- rekan caleg, namun semuanya dapat teratasi dan setiap kejadian, Polri dan TNI langsung bergerak cepat dan dapat di antisipasi, sesuai instruksi pimpinan, kami sudah bekerja, bergerak sesuai aturan pelibatan,” jelasnya.

Dandim berharap, kesadaran masyarakat untuk terus menciptakan suasana keamanan dan kenyamanan, di dua wilayah ini terus meningkat, dengan demikian maka pembangunan di segala bidang, pasti berjalan lancar.

“Yang menjadi trend saat ini yakni, semakin maraknya masyarakat menggunakan media sosial. Untuk itu Saya berpesan, bijaklah dalam menggunakan media sosial, jangan cepat men-share informasi yang belum tentu kebenarannya, sebelum di cek kepastian dan kebenarannya, dari sebuah informasi,” pungkasnya sembari mengingatkan. (IN-09)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top