Lintas Peristiwa

“Balas Dendam”, Satu Warga Dobo Tewas

KEP. ARU-MALUKU- Dua Kelompok Pemuda bentrok di Kota Dobo,  Kep. Aru,  Provinsi Maluku, Minggu (17/2/2019).

Bentrokan terjadi antara Pemuda Kompleks Salarem dan Pemuda Kompleks Belakang SMPN 1 asal Desa Lor-Lor di depan gedung Cendrawasih Dobo Jl. Ali Moertopo Rt. 001 / 003. Kec. Pp. Aru. Kab. Kepulauan Aru. Prov. Maluku.

IMG-20190217-WA0040

Informasi yang dihimpun media ini dari sumber terbatas,  Minggu (17/2/2019) sekitar Pukul 05.30 WIT Kelompok Pemuda Desa Salarem melakukan penutupan jalan di kompleks Kopi-kopi dan menggelar sweeping masyarakat asal desa Lor-Lor sabagai aksi balasan sesaat setelah melihat jenazah korban penikaman (Pemuda asal desa Salarem), Ruben Labok (30 tahun) .

Sekitar pukul  06.30 WIT rumah salah seorang warga Lor-Lor didatangi masyarakat Salarem sekitar 35 orang, membawa alat tajam berupa anak panah dan Parang. Setibanya di rumah tersebut kelompok pemuda Salarem langsung melakukan pembakaran terhadap rumah salah seorang warga asal desa Lor-Lor dan juga Sepeda motor yang ada di situ.

IMG-20190217-WA0041

Salah satu pemuda asal Desa Lor Lor digiring dan dianiaya yakni Golden Gutandjala (34 tahun) .

Istri korban yang melihat tindakan itu,  berusaha melerai massa dengan menggunakan kitab suci.

“Kemudian istri korban tersebut langsung melerai dan menyampaikan bahwa ‘ Suami saya salah apa, kalian mau balas ya balas saja ke oknum jangan balas sama orang yang tidak bersalah ‘ dan saksi sambil mengangkat Kitab Suci (Alkitab) untuk membendung amukan masa masyarakat Salarem. yang dilakukan tidak dihiraukan oleh para Kelompok pemuda Salarem. Korban aniaya langsung melarikan diri guna melaporkan tindakan penganiayaan Ke Polres setempat. Namun sebelum sampai di Polres,  korban sudah lebih dahulu dibacok hingga meregang nyawa, “ucap sumber. IMG-20190217-WA0047

Korban yang tewas lantas di buang di ruas jalan Pemda III (belakang kantor Bupati Aru).

Patroli PRC Polres Kepulauan Aru yang mendengar informasi itu,  melakukan patroli dan menemukan Mayat korban di Area Kompleks Kopi-kopi (Kompleks Salarem) RT 007/005, Kel. Siwalima, mayat korban langsung dilarikan ke RSUD Cendrawasih Dobo untuk dilakukan visum dokter.

Tak hanya ada korban nyawa dalam insiden balas dendam itu,  rumah dan kendaraan roda dua milik korban juga dibakar massa.

“Rumah milik korban terbakar pada bagian dalam rumah (karpet lantai) dan jendela rumah yg terbuat dari kaca pecah pada bagian depan beserta SMRD milik korban warna hitam terbakar habis,” ujar sumber.

IMG_20190217_221019

Aksi yang dilakukan oleh kelompok Pemuda asal Desa Salarem adalah aksi balasan setelah salah Pemuda asal Desa Salarem Ditikam oleh terduga pelaku yang oleh mereka diklaim berasal dari Kelompok Pemuda asal desa Lor lor.

Para terduga pelaku pada Kasus penikaman itu telah diamankan oleh Polres Kep.  Aru masing masing,  E.K alias E (18 tahun), dan G.K alias I (15 tahun). Sedangkan 2 orang terduga pelaku yang masih dalam pengejaran Polres Kep. Aru,  masing masing  T.K
dan P.K.

Akibat peristiwa ini, masing masing kelompok telah mengungsikan diri ke tempat yang lebih aman.

Sementara TNI dan Polri yang ada di kota Dobo intens berpatroli untuk mengantisipasi hal hal yang tak diinginkan. 

Sementara itu,  Kapolres Kep. Aru,  AKBP.  Adolf  Bormasa membenarkan peristiwa itu.

” Dua korban pada peristiwa itu.  Untuk kasus penikaman telah ada tersangka,  dan lainnya yang diduga terlibat masih kami lakukan pengejaran, ” Singkat Kapolres.  (IN-03)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top