Hukum & Kriminal

BNN Maluku Gelar Debat Publik

AMBON,MALUKU– Dalam rangka mewujudkan desa bersih narkoba, Badan Narkotika Nasional (BNN)  Provinsi Maluku  menggelar debat publik, Rabu (09/10/2018) di lantai tujuh (7), Kantor Gubernur Maluku, yang dihadiri langsung oleh Kepala BNN RI, Komjen Pol,  Heru Winarko,SH

Heru katakan, BNN mendapat mandat untuk bagaimana melakukan strategi pencegahan dan pemberantasan narkoba di Maluku.

“Kami dari pihak BNN  juga akan terus berusaha tentunya dengan bantuan  dari berbagai elemen terkait agar bisa bekerjasama,”tandasnya.

Dia mengaku, pasokan narkoba yang masuk ke Indonesia lebih banyak dari Myanmar. Oleh sebab itu, ladang kokain yang ada di sana dialih fungsikan menjadi ladang kopi dan teh.Hal yang sama juga kami terapkan di Indonesia, tepatnya di Aceh yang dialih fungsikan menjadi ladang jagung.

Sementara itu, dalam kesempatan wawancara pada momen yang sama, Kepala BNNP, Brigjen Pol Aris Purnomo menuturkan, kami menggandeng Danramil,Camat termasuk Ketua Adat untuk bersama-sama bersatu padu untuk membersihkan desanya dari narkoba.

43582849_2173530519557682_6702387132167618560_n

Purnomo melanjutkan, apabila ada yang kedapatan menggunakan atau mengedar, tidak ada tebang pilih, harus langsung di tindak sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.

Dirinya pun meminta kepada Ketua Adat,agar bisa kenakan sanski adat bagi warganya yang melanggar.Dengan ini di harapkan para pemuka adat, bisa membantu kami untuk memberantas narkoba.

“Pembekalan melalui sosialisasi, akan kami berikan kepada semua pihak terkait agar mereka langsung bisa menerapkan ke wilayah adat mereka masing-masing,”ungkapnnya.

Ingatnya,pada tahun 2017 ditemukan pada kalangan mahasiswa sebesar 2,8 persen itu yang masih coba-coba,sedangkan yang sudah menjadi rutin sebesar 1,4 persen.

“Sampai dengan saat ini,belum ditemukan pada kalangan pejabat.Namun apabila nantinya kedapatan maka akan diproses sesuai dengan hukum yang berlaku,”tuturnya.

Sekedar tahu,hadir dalam kesempatan  tersebut,Kepala BNN RI, Sekretaris Daerah Maluku Hamin bin Thahir,Kapolda Maluku Royke Lumowa ,Pangdam XVI Pattimura Suko Pranoto dan para Latupati Maluku. (MG-01)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top