Kabupaten Kepulauan Tanimbar

Kodim Saumlaki Budidaya “Emas Hijau” Pakai Pohon Torem

Ambon, Maluku – Program emas hijau yang menjadi andalan Kodam XVI/Pattimura terus digelorakan oleh jajaran Kodim yang ada di lingkup satuan kerja Korem 151/ Binaiya. Peningkatan program emas hijau tersebut dilakukan oleh Kodim 1507/ Saumlaki berupa budidaya potensi tanaman yang ada di Maluku dan Maluku Utara untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang ada di Maluku khususnya di Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB).

Kepala Penerangan Korem 151/Binaiya, Mayor Gerald Tobing kepada Intim News (22/8/2017), mengatakan tindak lanjut program emas hijau Kodam XVI/Patrimura oleh satuan jajaran Korem 151/Binaiya seperti yang dilakukan Kodim 1507/Saumlaki berupa pembibitan Pohon Torem.

” Sebagai wujud kerja sama TNI dengan Pemerintah dalam pengelolaan emas hijau yang dilakukan oleh Kodim 1507/ Saumlaki, Kepala UPTD KPH (Kesatuan Pengolahan Hutan) Kabupaten MTB, Rizal Nanariain secara langsung meninjau budidaya Pohon Torem di Kodim 1507/Saumlaki. Dalam peninjauan tersebut dibahas proses budidaya Pohon Torem yang termasuk tanaman langka dan pengembangan laboratorium kultur jaringan yang dilakukan oleh Kodim 1507/ Saumlaki,” ungkap Perwira berpangkat satu bunga melati dipundaknya itu .

Dikatakanya, pohon Torem merupakan pohon endemik dari Saumlaki yang memiliki kualitas kayu yang tak kalah dengan kayu jati. Pohon endemik ini memiliki struktur yang kuat dan tidak mudah dimakan rayap serta dapat bertahan hingga ratusan tahun. Umumnya kayu Pohon Torem dapat digunakan untuk lantai karena memiliki warna cokelat-kuning hingga cokelat-merah dan dianggap dapat menimbulkan aksen hangat di dalam ruangan.

” Peninjauan juga dilakukan langsung ke tempat budidaya Pohon Torem serta melihat langsung hasil budidaya Pohon Torem dengan tinggi 35 cm. Turut hadir dalam peninjauan tersebut Dandim 1507/Saumlaki Letkol Inf Ryan Heryawan, Pasi intel Lettu Ctp Yones Daniel, Pasiter Kapten Inf Kasrun,” Tuturnya. (IN-07)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top