Berita Parlemen

Tangani Pengungsi Kariuw, Kapolda Dorong DPRD Koordinasi Pemda Malteng

AMBON,MALUKU – ” Jangka pendek saudara-saudara kita yang di Kariuw, memerlukan perhatian dan penanganan khusus menyangkut sandang, pangan, papan, pendidikan dan kesehatan yang harus segera ditangani. Maka, saya mendorong Ketua Komisi I agar bisa koordinasi dengan Pemda setempat, guna penanganannya,” ungkap Kapolda Maluku, Lotharia Latief, usai rapat internal bersama DPRD Maluku terkait persoalan Negeri Pelauw dan Kariuw, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Kamis (14/04/2022).

Untuk penanganannya sendiri, Kapolda jelaskan, diharapkan tidak hanya mengandalkan bantuan parsial tetapi sudah secara terprogram, agar semua bisa kembali normal.

Katanya lanjut, rekonsiliasi yang selama ini berjalan akhirnya terhenti, sehingga kita buka kembali ruang rekonsiliasi, yang pada akhirnya rekonstruksi akan berjalan baik.

IMG-20220415-WA0168

” Saya juga harapkan, jangan ada pihak-pihak yang tidak memahami persoalan ini secara utuh, kemudian menyampaikan komentar-komentar dengan versinya sendiri,” pinta Kapolda.

Sementara itu, Ketua Komisi I DPRD Maluku, Amir Rumra menyatakan, permintaan masyarakat Kariuw sudah dilakukan Polda Maluku, seperti penggantian Kapolsek Haruku, kemudian penambahan personil yang awalnya 25 orang, sekarang sudah 50 orang personil.

Bebernya, termasuk permintaan masyarakat Negeri Pelauw yakni untuk mengatasi masalah penembakan yang dilakukan OTK di salah 1 dusun di Pelauw, dimana proses pentahapan sedang berjalan.

” Kami memberikan apresiasi kepada Kapolda Maluku karena sudah melaksanakan tugasnya menangani persoalan Pelauw-Kariuw,” tuturnya. (Vera)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top