Berita Parlemen

Pempus “Setengah Hati” Kepada Maluku, Kata-Kata Presiden Hanya Pemanis

AMBON,MALUKU – Proyek Strategis Nasional (PSN) Maluku, sebagai leading sektor Lumbung Ikan Nasional (LIN) dan pelabuhan terintegrasi Ambon New Port (ANP), Pemerintah Pusat (Pempus) dinilai setengah hati dan angin lalu.

Pasalnya, janji Presiden terhadap 2 PSN tersebut, tidak diikuti kepastian Peraturan Presiden (Perpres) yang menjadi dasar hukumnya, sehingga dalam postur APBN selama beberapa periode ke depan, anggaran pembangunannya nihil.

” Pempus setengah hati, kami Komisi I dalam prosesnya telah melakukan penyampaian aspirasi di Komisi IV dan V DPR RI yang menangani masalah perhubungan dan masalah perikanan. Namun, hampir beberapa tahun berturut-turut tidak ada anggaran dalam batang tubuh APBN khusus untuk PSN LIN dan ANP,” ungkap Amir Rumra, Ketua Komisi I DPRD Maluku kepada INTIM NEWS, Sabtu (26/03/2022).

Ingat Rumra, penjelasan DPR RI sendiri dalam hal ini komisi yang membidangi hal tersebut, LIN dan ANP akan dibebankan kepada Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

” Jadi, apa yang dikatakan Presiden seolah hanya sebagai pemanis dan menina bobokan masyarakat Maluku,” cetus Politisi besutan PKS ini.

Rumra dikesempatan yang sama mengakui, memang dari awal proses, Pempus dan Pemprov Maluku juga tidak ada kesiapan. Kita tanya di dinas teknis pun, tidak ada grand design semacam road map terkait LIN Dan ANP.

Oleh karena itu, Legislator yang akan naik kelas ke Senayan ini kembali menandaskan, walaupun Presiden telah berbicara, namun jika tidak di ikutkan dengan Perpres maka tidak akan terealisasi. (Vera)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top