Berita Parlemen

Borut : Kota Tual Siap Sebagai Lokasi ANP dan LIN

HASAN SYARIFUDIN BORUT - KETUA DPRD KOTA TUAL

SAUMLAKI,MALUKU – Dari aspek infrastruktur, kota Tual siap dijadikan alternatif pembangunan mega proyek Lumbung Ikan Nasional (LIN) dan Ambon New Port (ANP).

Kepada INTIM NEWS, Rabu (16/03/2022), Ketua DPRD kota Tual, Hasan Syarifudin Borut menekankan hal tersebut.

” Maluku ini punya 11 kabupaten kota, bukan cuma kota Ambon saja. Jika memang dibatalkan karena hasil kajian akademik, di alihkan saja ke daerah yang memang infrastruktur dan letak geografisnya layak. Kota Tual salah satu yang saya pikir siap menerima dua PSN ini,” tutur Borut.

Borut mengungkapkan, berdasarkan informasi terakhir yang kami terima, 2 PSN ini batal dibangun di pulau Ambon khususnya pada kawasan Waai, kabupaten Maluku Tengah, dengan alasan terdapat gunung berapi aktif di dasar laut, serta penyebaran ranjau-ranjau dari sisa Perang Dunia II di sekitar lokasi rencana pembangunan kedua PSN tersebut.

” Oleh sebab itu menurut kami, jika pulau Ambon terkendala, kota Tual sangat siap sebagai lokasi strategis pembangunan PSN. Kita punya area fishing ground, kota Tual juga pernak ada di era keemasan dalam bidang perikanan,” terang Borut.

Selain itu, Borut menambahkan, menurut hemat kami, jika terealisasi akan meningkatkan penyerapan tenaga kerja. Dengan sendirinya akan mensejahterakan masyarakat, menekan angka kemiskinan pada kantong-kantong kemiskinan ekstrem.

” Perlu ada pemerataan pembangunan. Kiranya pempus dapat mempertimbangkan hal tersebut. Kita juga berharap kepada Pemprov, sekiranya ada kepedulian terhadap wilayah lain,” pinta dan harap legislator muda besutan PKS ini. (Vera)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top