Ekonomi

Hadirkan Listrik Bagi Kehidupan Masyarakat, PLN UIW MMU Beri Penghargaan Kepada Bupati Thaher

MALRA,MALUKU – Perayaan Hari Listrik Nasional (HLN) ke-76  yang  jatuh pada tanggal 27 Oktober 2021 kemarin, PT. PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU), memberikan apresiasi dan penghargaan kepada para stakeholders yang selama ini turut serta mendukung dan membantu PLN, dalam menghadirkan listrik bagi masyarakat.

Apresiasi dan penghargaan, diberikan kepada Bupati Maluku Tenggara (Malra) M. Thaher Hanubun, oleh General Manager PLN UIW MMU, Adams Yogasara  yang di disampaikan oleh Manager UP3 Tual Alexander Manuhua, mewakili Adam Yogasara di Langgur, Jum’at (29/10/2021).

Adams Yogasara menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Bupati Maluku Tenggara atas dukungannya terhadap penyalaan listrik desa sebanyak 32 Ohoi di Pulau Kei Besar, sepanjang tahun 2020 hingga Agustus 2021.

” Kami sampaikan terima kasih banyak dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Bapak Bupati Maluku Tenggara, termasuk seluruh stakeholders di Kabupaten Maluku Tenggara. Tentu ini, merupakan bukti sinergitas yang sangat baik antara PLN dengan pemerintah daerah, serta seluruh stakeholders sebagai wujud semangat dan kerja keras bersama dalam menghadirkan listrik bagi kehidupan masyarakat, karena tentu menghadirkan listrik ini tidak bisa hanya dilakukan oleh PLN, namun harus ada sinergi dengan seluruh pihak termasuk pemerintah daerah,” ujar Adams.

Adams menambahkan, untuk melistriki Pulau Kei Besar sejak tahun 2020 hingga Agustus 2021 ini, PLN telah menambah kapasitas pembangkit dengan daya sebesar 2 Mega Watt (MW) untuk peningkatan jam nyala yang sebelumnya 18 jam menjadi 24 jam.

” Dukungan Pemda Maluku Tenggara melalui Bapak Bupati pun hadir dalam dukungan penyediaan lahan, gardu hubung dan kebutuhan lain untuk pengoperasian mesin pembangkit tersebut,” bebernya.

Selain itu, PLN juga membangun infrastruktur kelistrikan diantaranya Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sebanyak 61,42 kilo meter sirkuit (kms), Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sebanyak 22,27 kms, dan Gardu Distribusi sebanyak 29 Gardu dengan kapasitas total sebesar 1.475 kilo Volt Ampere (kVA).

Total biaya investasi dalam melistriki 32 desa tersebut sebesar Rp 13,8 milyar untuk melistriki 1.782 pelanggan. Selanjutnya pada tahun 2021 ini PLN berencana melistriki 14  desa di Pulau Kei Besar mulai dari desa Banda Efruan hingga Desa Ur.

” Tentu semua ini dapat dilakukan tidak terlepas dari dukungan Pemda Maluku Tenggara, serta seluruh stakeholders di 14 desa tersebut, khususnya masyarakat yang telah merelakan pohon miliknya untuk ditebang secara sukarela. Dengan adanya penyalaan listrik pada 32 desa tersebut, kami berharap dapat berdampak pada peningkatan taraf hidup serta perekonomian masyarakat di Pulau Kei Besar,” jelas Adams.

Sementara itu, Bupati M. Thaher Hanubun, ketika menerima penghargaan tersebut menyampaikan, terima kasih kepada General Manager PLN UIW MMU, Adams Yogasara dan jajaran.

Bupati mengatakan, listrik merupakan kebutuhan dasar dan faktor penting guna mengangkat harkat penduduk di daerah. Karena selain dapat mendorong peningkatan kualitas hidup, juga diperlukan untuk berbagai usaha yang menopang kehidupan masyarakat.

“Saat ini, tinggal Ohoi/Desa Tanimbar Kei, Warbal dan Ur Pulau. Saya  berharap untuk 3 Ohoi ini dan berapa Ohoi di Kei Besar sudah bisa terealisasi di tahun depan. Jika ditanya ke PLN, daerah mana yang listrik lebih banyak masuk desa, jawabannya adalah Maluku Tenggara. Terima kasih PLN,”ungkap Bupati Thaher. (Suat)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top