Berita Parlemen

Datangi Dusun Batu Dua, Komisi I Disambut Demonstrasi Warga

IMG-20211004-WA0046

AMBON,MALUKU – Lahan mega proyek pembangunan infrastruktur penunjang Lumbung Ikan Nasional (LIN) yang digadang-gadang bakal diresmikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo, munculkan permasalahan bagi warga, lebih khusus warga Dusun Batu Dua, Maluku Tengah.

Sikapi hal tersebut, Komisi I DPRD Maluku turun langsung ke Dusun Batu Dua untuk bertemu dengan pihak pemerintah desa dan warga setempat, Senin (04/10/2021).

IMG-20211004-WA0048

Pantauan INTIM NEWS, mengetahui kedatangan Komisi I DPRD Maluku, warga Batu Dua menyambutnya dengan aksi demonstrasi yang menentang dan menolak pembangunan LIN di wilayahnya.

” Jangan gusur rumah kami, cari tempat lain, kami tidak mau digusur, kami masyarakat adat, kami menolak pembangunan LIN, mau sekolah dimana anak-anak kami,” teriak pengunjuk rasa.

La Jumani, warga Batu Dua yang berprofesi sebagai nelayan dan petani, dalam aksi tersebut menyatakan dengan tegas di depan Komisi I, menolak pembangunan LIN dan menolak di relokasi dengan alasan apapun.

Ketua Komisi I DPRD Maluku, Amir Rumra kepada wartawan di sela-sela kunjungan tersebut mengungkapkan, kita Komisi I ingin mendengar secara langsung keinginan warga.

” Kita akan memfasilitasi persoalan ini, bila perlu kita teruskan keluhan ini langsung ke Kementerian, dan langkah selanjutnya pasti akan kami undang warga masyarakat,” ujar Rumra.

IMG-20211004-WA0047

Sementara itu, di tempat yang sama, Anggota Komisi I Benhur Watubun menegaskan, sebagai wakil rakyat tentunya kami berusaha tidak menginginkan hak-hak masyarakat tidak diabaikan, masalah apa yang sementara dialami masyarakat.

Sebut Watubun, Pemerintah jika mengambil kebijakan harus menyelesaikan hak-hak masyarakat, harus di selesaikan, jangan menggusur warga dari tanahnya sendiri.

Hendak bertolak menuju lokasi berikutnya, masyarakat mengapresiasi kunjungan Komisi I tersebut dan diakhiri dengan pertemuan bersama warga Batu Dua yang dihadiri oleh warga masyarakat, 7 anggota Komisi I DPRD Maluku, serta Bagian Aset Pemerintah Daerah Maluku dan Biro Hukum . (Vera)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com