Berita Parlemen

Saudah Tethool : Terkait Listrik, Regulasi Pusat Rugikan Daerah

IMG-20210610-WA0267

AMBON,MALUKU – ” Untuk pemenuhan listrik di Maluku, akibat regulasi yang dibuat dari pusat, akhirnya merugikan daerah kita,” ungkap Saudah Tethool, Ketua Komisi III DPRD Provinsi Maluku, ketika menerima kelompok mahasiswa asal dari kabupaten Buru, yang menggelar aksi demonstrasi di DPRD Maluku dan menyoroti pemenuhan listrik di kabupaten tersebut, lebih khusus di Kecamatan Batabual, Kamis (10/06/2021).

Menurutnya, Saya mengapresiasi aksi demo hari ini yang dilakukan mahasiswa dan mengenai tuntutan, akan kami tindak lanjuti dengan mitra terkait yakni PLN, untuk bisa menjawab apa kepentingan rakyat ini, kami tetap berpihak pada rakyat.

Tethool dikesempatan tersebut mengutarakan, persoalan listrik ini sendiri, sebelumnya kami telah memanggil mitra untuk membahas terkait kelistrikan di Maluku, kenapa listrik tidak menyala serta warga yang sampai saat ini belum menikmati listrik dan diketahui, ada 97 titik yang belum teraliri listrik.

” Ini akibat regulasi yang buat dari pusat yang merugikan daerah. Dari pusat buat regulasi, tidak pernah mengetahui kondisi kita di Maluku ini seperti apa,” tandas Tethool.

Dirinya menuturkan, mereka di pusat hanya tahu, wilayah Jawa yang sudah menyala 1×24 jam, sementara kondisi real kita di Maluku ada yang 24 jam, 12, 8, 6, dan 3 jam menikmati listrik, bahkan ada yang 0 jam atau tidak sama sekali.

” Apa yang dituntut adik-adik ini adalah akibat mesin yang sudah rusak, mesin PLN rata-rata di Maluku sudah tua dan usang. Di Buru itu sendiri, rata-rata sudah menyala, tetapi di daerah lain seperti di wilayah Tenggara, masih 0 jam atau belum ada listrik sama sekali,” ujarnya.

Kemudian terkait dengan pembangunan infrastruktur yang disuarakan pendemo, Tethool menegaskan, untuk kabupaten Buru, melalui pinjaman pada PT SMI oleh pemerintah provinsi Maluku,  masuk di Buru Rp200 miliar lebih, namun yang masih kurang perlahan-lahan akan kita dorong. (Vera)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com