Agama

Bupati Thaher : MTQ Semangat Generasi Muslim Milenial Menuju SDM Unggul

WhatsApp Image 2021-06-30 at 15.47.53(1)

MALRA,MALUKU – Bupati Maluku Tenggara (Malra), M. Thaher Hanubun, berharap, ajang tahunan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) lV  tingkat Kecamatan, bisa menjadi ajang untuk membangun semangat bagi generasi muda muslim atau yang kerap disebut generasi milenial di bumi berjuluk Larvul Ngabal tersebut.

Momentum MTQ ini, memiliki nilai strategis dalam upaya menumbuhkembangkan semangat dan minat baca Al-Quran, di kalangan masyarakat guna meningkatkan pemahaman dan pengetahuan terhadap isi kandungan Al-Quran untuk dijadikan pegangan dan pedoman, dalam menjalani kehidupan sehari-hari, sekaligus mempersiapkan generasi Qur’ani yang berkemampuan.

” Semoga dengan MTQ ini, kecintaan di daerah kita terhadap kitab suci Al-Qur’an semakin tinggi dan kokoh serta dapat meningkatkan nilai-nilai  positif yang terkandung dalam Al-Qur’an untuk membangun spirit generasi Muslim milenial, menuju sumber daya manusia unggul,” ungkap Bupati ketika membuka MTQ tingkat Kecamatan yang berlangsung di Ohoi Rahangiar, Kecamatan Kei Besar Selatan Barat, Kabupaten Malra, Senin (21/06/2021).

Bupati mengatakan, terselenggaranya MTQ tingkat kecamatan, diharapkan semakin memperkokoh pula keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT, dimana kokohnya keimanan dan ketakwaan itu, sebagai modal dalam menjalani kehidupan di dunia, demi memperoleh kebahagiaan kehidupan dihari akhirat nanti. Selain itu, kata Bupati, momentum MTQ juga memiliki nilai strategis dalam upaya menumbuh kembangkan semangat dan minat baca tulis Al-Quran, di kalangan masyarakat guna meningkatkan pemahaman dan pengetahuan terhadap isi kandungan Al-Quran.

“Al-Qur’an dijadikan pegangan dan pedoman, dalam menjalani kehidupan sehari-hari, sekaligus mempersiapkan generasi Qur’ani yang berkemampuan, menerapkan gerakan dakwah Islam yang Rahmatan Lil Aalamin,”tutur Bupati.

” Olehnya itu, lanjutnya, Al-Quran sebagai kitab suci umat Islam, sekaligus petunjuk keselamatan dunia dan akhirat maka setiap muslim  berkewajiban untuk mempelajari dan memahami secara mendalam isi dan makna yang terkandung didalamnya, guna diamalkan serta dapat diaplikasikan dalam segala aspek kehidupan,” tandas Bupati.

Menurut Bupati, Al-Qur’an berisikan wahyu dari Allah SWT yang mengandung nilai sastra dan seni yang sangat tinggi, sebab itulah, umat Islam dianjurkan untuk membaca Al-Qur’an dengan suara yang merdu dan sekaligus mengekspresikan nilai kesenian dan keindahan.

” Itu dimaksudkan untuk menggugah kesadaran rohani umat manusia, akan kebenaran dan kesalahan, serta menggugah akal pkiran manusia agar merenungkan hakekat segala sesuatu yang ada didalam alam semesta, serta hakikat kehidupan umat manusia yang sesungguhnya,”tandasnya.

Diakhir sambutannya, Bupati  mewakili Pemda setempat menyambut baik dan menyampaikan apresiasi terhadap semua pihak atas  terselenggaranya MTQ di Kecamatan Kei Besar Selatan Barat.

“Kami sambut baik dan saya ajak kita tetap berdoa agar terhindar dari musibah pandemi COVID-19 yang terjadi saat ini, serta kita juga dapat  terus bekerja keras dalam membangun masyarakat dan daerah Maluku Tenggara menuju kemaslahatan dan  kejayaannya.” pungkas Thaher. (Suat)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com