Uncategorized

GKC, Pendidikan Tidak Terbatas Pada Narasi Harus Diwujudkan Dalam Aksi

IMG-20210502-WA0026

MALRA,MALUKU – Gerakan Kei Cerdas (GKC), dipelopori oleh beberapa mantan Seminari Yudas Thadeus (SYT), Langgur, kabupaten Maluku Tenggara (Malra), yang merasa terpanggil membenahi dunia pendidikan, lewat cara mereka sendiri yang dituangkan, dalam bentuk komunitas peduli pendidikan dan bekerja sama dengan ohoi-ohoi, di pelosok Malra dan kota Tual.

IMG-20210502-WA0024

Loecky Welafubun, relawan pendidikan GKC, kepada INTIM NEWS, Minggu (02/05/2021) menyampaikan, banyak orang yang peduli terhadap pendidikan, namun banyak pertimbangan, untuk mewujudkan.

” Menurut kami, aksi nyata adalah hal terpenting, dilakukan berdasarkan ketulusan hati,” tuturnya.

IMG-20210502-WA0025

Menurut Loecky, GKC melihat, pentingnya kerja sama yang baik antara pemerintah dan komunitas pendidikan, dalam merancang suatu sistem atau metode pendidikan nonformal yang terarah, sistematis dan terkontrol.

Ia beberkan, kendala yang dihadapi, dunia pendidikan Malra sejauh ini antara lain, pola penyebaran tenaga guru yang kurang merata, gaji honorer yang tidak sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diemban.

IMG-20210502-WA0027

” Kurang seriusnya pemda membangun network dalam mendukung proses belajar, perpustakan lebih identik dengan gudang sekolah, serta pendidikan budaya tentang membangun kearifan lokal, namun penerapan dalam pelajaran muatan lokal, jarang ditemukan,” tandas Loecky.

Oleh karena itu, tuturnya, GKC hadir untuk membantu mengisi kekurangan guru, menyalurkan tenaga relawan untuk mengajar, melalui program mengajar dengan metode bermain, Gerakan ini sendiri, berdiri sejak 26 Mei 2017.

IMG-20210502-WA0028

” Pendidikan adalah tanggung jawab bersama, bukan hanya pemerintah saja,” pungkas Loecky.

Harapnya ke depan, semoga pendidikan, bukan dijadikan lahan bisnis atau komoditas politik, tetapi sungguh berangkat dari niat kita memajukan pendidikan di tanah Kei. (Vera)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com