Berita Parlemen

Belum Ditemukan, Tim Gabungan Dikerahkan Cari Nelayan Hilang di SBT

ilustrasi-orang-tenggelam-_170306120646-444

AMBON,MALUKU – Upaya pencarian Jhon Tuhuteru nelayan asal Dusun Suwakul, Pulau Gorom, Seram Bagian Timur (SBT) yang hilang sejak hari Minggu (23/05/2021) ketika melaut di perairan Gorom, tim gabungan yang terdiri dari BPBD Maluku, SAR Ambon, dan Pol Air dikerahkan.

Kepala BPBD Maluku, Henri Far Far, Kamis (27/05/2021) kepada awak menyampaikan, tadi malam kita menerima informasi dari Kepala BPBD di SBT terkait nelayan hilang di Gorom. Dari situ, Saya langsung koordinasikan dengan Kepala SAR Ambon dan pagi ini, diberangkatkan tim yang nantinya akan bergabung dengan Pol Air menuju ke sana.

Henri Far-Far - Kepala BPBD Maluku

Henri Far-Far – Kepala BPBD Maluku

Kemudian, sebutnya, ada bantuan juga dari Sar Fak Fak, setelah mendapat informasi hilangnya nelayan ini, karena wilayah perairan SBT berdekatan dengan Fak Fak.

Henri mengakui, upaya pencarian sudah dilakukan oleh keluarga dan masyarakat disana, namun nelayan tersebut belum ditemukan.

Ia dikesempatan yang sama menambahkan, ada sejumlah wilayah di Maluku yang mengalami musibah cukup parah, saat musim penghujan dan cuaca ektrim saat ini.

Maka, baik warga baik berada di wilayah perkotaan atau pedesaan, khusus yang tinggal di lereng gunung, bantaran sungai dan pesisir serta nelayan, agar selalu waspada dan siaga atas kondisi cuaca saat ini.

Sementara itu, Legislator dapil SBT, Alimudin Kolatlena di DPRD Maluku berharap, agar nelayan yang sudah hilang sejak hari minggu kemarin ini, dapat ditemukan dalam keadaan selamat.

Alimudin Kolatlena - Anggota DPRD Maluku Asal Dapil SBT

Alimudin Kolatlena – Anggota DPRD Maluku Asal Dapil SBT

Dikatakan, sejak informasi ini mengemuka di media, tidak ada pernyataan resmi dari Pemda setempat, sehingga memang terkesan lambat dalam merespon informasi itu.

” Kita berharap upaya pencarian, bisa menemukan yang bersangkutan dalam keadaan sehat walafiat, meskipun kejadiannya sudah dari hari Minggu sampai dengan hari ini, belum ditemukan,” ujar Alimudin.

Kini, imbaunya, sudah ada langkah yang dilakukan dengan adanya tim gabungan yang di kirim kesana, namun kita berharap agar Pemda setempat ke depan, lebih responsif terhadap informasi yang berkembang ditengah-tengah masyarakat dan kita juga berharap agar masyarakat khususnya nelayan, dapat menahan diri untuk melaut dengan kondisi cuaca yang ekstrim saat ini . (Vera)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com