Berita Parlemen

Atapary : Baru 50 Persen Tenaga Kerja di SBB Terdaftar Sebagai Peserta BPJS

IMG-20210317-WA0003
Samson Atapary - Ketua Komisi IV DPRD Maluku

AMBON,MALUKU – Jumlah tenaga kerja yang bekerja pada perusahan-perusahan di kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) Provinsi Maluku, diketahui baru sebagian atau 50 persen disertakan dalam program BPJS Ketenagakerjaan maupun Kesehatan.

Hal ini dikemukakan Ketua Komisi IV DPRD Maluku, Samson Atapary kepada awak media, di gedung DPRD Maluku, Selasa (16/03/2021).

” Dari sekian banyak tenaga kerja di SBB, rata-rata baru 50 persen yang ikut serta di BPJS ketenagakerjaan maupun kesehatan,” ungkap Atapary.

Hal ini diketahui, setelah Komisi IV melakukan pengawasan pada perusahan-perusahan yang beroperasi di wilayah tersebut, diantaranya tenaga kerja di perusahaan pisang Abaca, perusahaan mutiara yang ada di Hatusua, perkebunan kakao dan sereh merah yang ada di Kobi, perusahaan sawit Nusa Ina dan udang di Arara.

Namun, Atapary kembali menjelaskan, diketahui pula kendala sehingga banyak tenaga kerja tidak disertakan dalam BPJS, bukan disebabkan oleh perusahaan tetapi rata-rata pekerja terutama yang harian, belum memiliki KTP.

Oleh karena itu, ungkapnya, lewat pengawasan tersebut kita kehendaki agar perusahaan-perusahaan tersebut harus pro-aktif bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setempat, untuk menjawab kendala tersebut dan kita harap November ini sudah terjawab.

” Seluruh pekerja itu harus terdaftar di BPJS ketenagakerjaan maupun kesehatan, karena ini masalah hak mereka yang tidak boleh diabaikan dan itu sudah komitmen dari seluruh perusahaan, kita sendiri akan mengevaluasinya pada bulan November nantinya,” tandasnya.

Selain itu, beber nya, karyawan dipekerjakan dalam satu perusahaan rata-ratanya 1.000 orang, maka kami juga mintakan di setiap perusahaan harus miliki klinik kesehatan yang diisi dokter Umum maupun dokter Analis Kimia.

” Hal ini penting, terutama pada perusahaan Sawit maupun Kakao, dimana penggunaan pestisida cukup tinggi,” beber Atapary, Anggota Legislatif dari Fraksi PDI Perjuangan ini. (Vera)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com