Militer

Animo Calon Bintara Noken Cukup Tinggi, Hanya Kualitas Terbaik yang Bisa Lolos

IMG-20210317-WA0058
Irjen Polisi Tornagogo Sihombing - Kapolda Papua Barat

MANOKWARI, INTIM NEWS – Animo para calon anggota Bintara Noken meningkat, hingga mencapai ribuan orang. Bahkan, jumlah tersebut telah melebihi kuota yang telah ditetapkan sebanyak 1.500 orang.

Kapolda Papua Barat, Irjen Pol. Tornagogo Sihombing menjelaskan, walaupun animo calon Bintara Noken cukup banyak, pihaknya tetap diseleksi antara sesama putra-putri asli Papua.

” Kaitan dengan Bintara Noken yang memang sumber dananya dari uang Otonomi Khusus (Otsus), untuk 1.500 orang. Sehingga, antar masyarakat akan berkompetisi disana,” ujar Kapolda, Rabu (17/03/2021).

Dengan seleksi Bintara Noken ini, kata dia, pihaknya hanya mengingatkan agar anak-anak Papua yang ikut tes ini, harus sudah siap baik secara jasmani dan rohani semuanya.

IMG-20210315-WA0058

” Kita tetap ambil anak-anak yang berkualitas dan memang dia tidak ada masalah dengan pendidikan,” ucapnya.

Sehingga, lanjut Kapolda, lewat 1.500 anak Papua yang lolos, nantinya akan menjadi seorang anggota Polisi berkualitas.

” Kalau tidak salah, hingga hari ini animo masyarakat yang ikut Bintara Noken sudah mencapai 4.000an orang. Namun, kami akan tetap konsisten dengan 1.500 untuk menjadi anggota Polri,” ungkap Sihombing.

Kalau cara rekrutmen Bintara Noken berjalan dengan baik, sebutnya, jika Mabes Polri menganggap seleksinya berjalan baik, maka bisa jadi akan lanjut.

” Jika seleksi ini berjalan baik dan Mabes Polri melihat seleksi berjalan baik, maka ini justru menjadi kesempatan kita untuk tahun depan, kemungkinan akan ada lagi,” ujarnya.

” Jika seleksi ini tidak berkualitas dan muncul protes dari masyarakat maka kami tidak akan toleransi, sebab anak-anak ini akan bergabung dengan kepolisian, yang memang memerlukan kualitas baik,” ucapnya.

Sebab, kata dia, ke 1.500 anak ini akan kembali dan mengabdi di atas tanah Papua, sehingga masyarakat yang menikmati kinerja mereka nantinya.(Safwan)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com