Papua Barat

Sumur Tercemar, Warga Sanggeng Adukan ke DLHP Papua Barat

WhatsApp Image 2021-02-19 at 17.29.09

MANOKWARI, INTIM NEWS – Sejumlah warga di Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat, kembali mengadukan persoalan pencemaran air sumur ke  Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan (DLHP) Provinsi Papua Barat.

Hal ini dikarenakan, beberapa sumur milik warga Sanggeng RT01/RW06 Kabupaten Manokwari tercemar, masyarakat tak puas dengan pihak PT. Pertamina Manokwari, dan mengadukan ke DLHP  yang diduga pipa bak penampungan bahan bakar mengalami kebocoran.

Daniel Leonard Haumahu, Kepala Bidang Penaatan dan Penegakan Hukum Lingkungan, DLHP Papua Barat menjelaskan, masalah ini sudah lama terjadi di Manokwari, namun baru masuk ke DLHP Provinsi.

” Lewat aduan tersebut, kita DLHP Papua Barat akan bersama-sama dengan GAKUMDU, memanggil pihak terkait yakni Pertamina dalam waktu dekat,” ujar dia.

Dalam pengaduan ini, ucap Leonard, masyarakat juga membawa data-data yang valid.  “Dan kita lihat, mereka (warga) juga sertakan dengan hasil penelitian laboratorium Universitas Papua,” ujar Daniel, kepada INTIM NEWS, Jumat (19/02/2021)

Lanjut dia, dari hasil pemeriksaan pihaknya mendapatkan informasi, kurang lebih 20 sumur warga yang tercemar oleh bocornya bahan bakar dari Pertamina Manokwari.

” Karena masih ada warga yang merasa tidak puas, sehingga mereka datangi kami di Provinsi dan menyampaikan aduan berkaitan dengan pencemaran tersebut,” tutur Haumahu.

Kata dia, kejadian ini sudah di tangani oleh Dinas Lingkungan Hidup kabupaten Manokwari dan bahkan sudah naik di Pengadilan Negeri Manokwari.

” Karena ada pihak yang belum puas,  sehingga mereka melanjutkan ini ke kita,” akuinya.

Menurut dia, sudah jelas bahwasanya ada sumur yang tercemar. “Tanpa dilakukan penelitian berulang-ulang, yang jelas sumur warga sudah tercemar,” kata Haumahu. (Safwan)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com