Berita Parlemen

Seleksi Pilkades di KTT, DPRD Maluku Bakal On The Spot

WhatsApp Image 2021-02-15 at 19.36.51(1)

AMBON,MALUKU – Komisi I DPRD Maluku, bakal melakukan kunjungan ke Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT),  guna mengetahui secara jelas persoalan seleksi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di wilayah tersebut.

Amir Rumra, Ketua Komisi I DPRD Maluku mengatakan hal tersebut, kepada awak media setelah rapat Komisi I bersama BPMD, Biro Pemerintahan Setda Maluku dan tokoh masyarakat KKT Bitho Temmar, membahas seleksi calon Kepala Desa di KKT, Senin (15/02/2021).

Amir Rumra - Ketua Komisi I DPRD Maluku

Amir Rumra – Ketua Komisi I DPRD Maluku

” Komisi I sudah menarik satu kesimpulan untuk melakukan kunjungan lapangan langsung/ on the spot supaya mengclearkan informasi yang diperoleh, apa benar atau tidak terkait proses pilkades di KKT,” ungkap Amir.

Selain itu, Anggota Legislatif dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menerangkan, terkait hal tersebut, Biro Pemerintahan dan Dinas terkait sesuai dengan amanah Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Pemerintah Desa dan Peraturan Daerah terkait, maka perlu mengkoordinasikan jika ada hal yang masih bersifat komplain dari masyarakat.

Amir membeberkan, persoalan di KKT menyangkut proses seleksi kepala desa, masyarakat disana komplain dengan tahapan-tahapannya dan informasi tersebut, bukan hanya kami peroleh dari tokoh masyarakat namun, juga kami peroleh dari masyarakat melalui komunikasi via telpon maupun via WhatsApp.

WhatsApp Image 2021-02-15 at 19.36.52(1)

Sebutnya lagi, informasi yang kami peroleh untuk seleksi Pilkades disana, ada panitia di tingkat desa dan juga ada di kabupaten. Dalam prosesnya, ada nama yang tidak memiliki ijazah di gugurkan oleh panitia di desa, namun nama itu muncul lagi pada panitia di tingkat kabupaten. Begitu juga persoalan yang menyangkut tahapan seleksi yang dinilai tidak objektif, ada mantan asisten dan ada pula PNS yang ikut, tiba-tiba gugur tidak tahu apa masalahnya.

” Pada prinsipnya, kami tidak mengintervensi proses yang terjadi di pemerintah kabupaten KKT tetapi kami mencegah timbulnya persoalan yang tidak diinginkan, mudah-mudahan dalam waktu dekat, kita melakukan kunjungan dan pemantauan langsung ke lapangan untuk krosceknya,” ujarnya. (Vera)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com