Militer

1.500 Bintara Noken, Dansat Brimob: Brimob Belum Ada

WhatsApp Image 2021-02-22 at 19.50.23
Kombes Polisi Semmy Ronny Thabaa - Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Papua Barat

MANOKWARI, INTIM NEWS – Kepolisian Daerah (Polda) Papua Barat, mulai merekrut 1.500 Bintara Polri jalur khusus (afirmasi), yang diperuntukkan bagi putra putri asli Papua (Bintara Noken) di tahun 2021.

Kombes Polisi Semmy Ronny Thabaa, Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Papua Barat mengaku, untuk penerimaan Bintara jalur afirmasi, satuan Brimob Polda Papua Barat juga sampai hari ini belum ada.

” Untuk afirmasi khusus Brimob melalui penerimaan 1.500 Bintara Polri, hingga saat ini kita belum ada informasinya, berapa jumlah personil yang akan masuk ke satuan Brimob,” ujar Dansat, kepada INTIM NEWS, Senin (22/02/2021)

Kata dia, sekarang yang afirmatif untuk Bintara afirmasi yang langsung dididik di Brimob tidak ada. Semuanya dilatih di Sekolah Polisi Negara (SPN), setelah itu baru dikembalikan ke Polda.

Lanjutnya, jika dipercayakan oleh Kapolda agar sebagian masuk ke Brimob, maka mereka para Bintara noken akan kembali mendapatkan pembinaan.

” Nanti kalau anak-anak ini kembali ke Polda, kemudian bapak Kapolda mempercayakan separuh ditempatkan di Brimob maka kita akan bina dan latih kembali dengan kemampuan Brimob,” tuturnya.

Dansat  berharap, lewat penerimaan Bintara afirmasi ini, Kapolda Papua Barat bisa memberikan sekitar 400 atau 500 personil.

“Dengan begitu, maka kita sudah menambahkan 1 Batalion lagi. Jika Polda tipe A dan Kapolda bintang 2,  maka kita harus punya 3 Batalion. Sementara saat ini, baru hanya dua Batalion di Papua Barat,” bebernya.

Saat ini, sebutnya, Papua Barat baru Batalion A (Manokwari), dan Batalion B (Sorong). Jika  berkenan lewat afirmasi menambah personil, maka pihaknya akan buka Batalion C.

” Entah itu di Fakfak atau Kaimana, nanti dilihat,” singkatnya. (Safwan)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com