Lintas Peristiwa

Hoax dan Ujaran Kebencian Meningkat, Kapolres : Masyarakat Harus Dewasa

WhatsApp Image 2021-01-27 at 20.41.31
AKBP. Dadang Kurniawan - Kapolres Manokwari

MANOKWARI, INTIM NEWS – Berita hoax dan ujaran kebencian, menjadi catatan  Kepolisian Resort (Polres) Manokwari, yang sedang trending di tahun 2020 dan awal 2021.

Kapolres Manokwari, AKBP. Dadang Kurniawan menjelaskan, di 2020 maupun awal 2021, pihaknya mencatat berita hoax dan ujaran kebencian sedang trend di saat ini.

” Dua hal ini menurut pandangan kami, efeknya sangat luar biasa. Sebab saat ini hoax dan ujaran kebencian, sangat mudah oknum-oknum mengadu domba antar sesama,” ujar Dadang, Rabu (27/01/2021)

Lanjut dia, baik negara, daerah, bahkan tetangga yang menginginkan perpecahan, 2 hal ini sangat gampang karena bisa melalui media sosial.

” Maka dari itu, Saya menghimbau kepada masyarakat Manokwari, agar lebih dewasa dalam menggunakan media sosial,” tuturnya.

Sebab, kata dia, selain ada ancaman hukum, baik badan dan kurungan, juga nantinya ada hukuman yang bersifat sosial di tengah masyarakat.

” Sehingga kita harus lebih sopan dan santun dalam mengakses sosial media, alangkah eloknya digunakan untuk hal-hal yang positif. Jangan jadikan sebagai sarana untuk mengadu domba,” ucap Kapolres Manokwari.

Untuk Polres Manokwari sendiri, bebernya, hingga saat ini hoax dan ujaran kebencian, sudah ada dalam kategori mulai banyak (meningkat).

” Maka dari itu, Saya mengajak semua pihak, ketika mendapat sebuah berita di media sosial agar jangan langsung menganggap itu adalah kebenaran. Kita harus cek terlebih dahulu, di pihak yang berkompeten,” ujarnya. (Safwan)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com