Hukum & Kriminal

GMKI Tanah Papua Kecam Rasis

IMG-20210126-WA0106

MANOKWARI, INTIM NEWS – Seusai viral di khalayak ramai khusunya di sosial media, yang berkaitan dengan postingan berbau rasis oleh akun Facebook milik Ambroncius Nababan, gelombang kecaman dan kutukan dari seluruh elemen masyarakat pun tak kunjung dibendung.

Pengurus Pusat Korwil XII Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Tanah Papua, ikut mengecam tindakan rasisme tersebut.

Pdt. Charles Tethool, Korwil XII GMKI Tanah Papua mengaku, dengan kejadian ini, pihaknya sangat mengecam tindakan rasisme.

” Kami mengecam atas tindakan dan sikap rasisme terhadap Natalius Pigai, yang notabene dia adalah representasi dari anak-anak Papua,” ujar Charles, Selasa (26/01/2021).

Lanjut dia, pihaknya meminta agar hentikan kebiasaan rasisme kepada orang Papua.

” Jangan ulang-ulang menghina kami, dengan cara seperti itu. Saya minta dengan hormat, kepada Ambrosius Nababan untuk bertanggung jawab terhadap sikap Rasis yang berlebihan di sosial media,” tegasnya.

Tidak hanya itu, Charles juga mengingatkan,  dalam Firman Amsal 11:12 ‘Siapa menghina sesamanya, tidak berakal budi’.

Sementara itu, melalui informasi yang dihimpun media ini, Bareskrim Polri telah resmi menetapkan Ambroncius Nababan, pelaku Rasisme, sebagai tersangka kasus rasis kepada eks Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai.

Melalui siaran Persnya, Kepala Divisi Humas Polri Irjen. Argo Yuwono mengumumkan, penetapan tersangka itu setelah dilakukannya pemeriksaan terhadap Ambroncius sebagai saksi pada hari kemarin dan sejumlah saksi ahli, seperti ahli pidana dan bahasa.

Ambroncius disangka melanggar Pasal 45a ayat (2) Juncto Pasal 28 ayat (2) Undang-Undang Nomor 19 tahun 2016 Perubahan UU ITE dan juga Pasal 16 Juncto Pasal 4 huruf b ayat (1) Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2008 Tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis dan juga Pasal 156 KUHP. (Safwan)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com