Hukum & Kriminal

DPP GMNI Desak Polri Segera Tangkap Pelaku Rasis

WhatsApp Image 2021-01-25 at 20.58.04
Yoel Finse Ulimpa - Ketua Bidang Organisasi DPP GMNI

MANOKWARI,INTIM NEWS – Dewan Pimpinan Pusat Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (DPP GMNI), meminta Kapolri untuk segera mencari dan memproses pemilik akun facebook yang memuat konten rasisme terhadap Natalius Pigai.

DPP GMNI melalui Ketua Bidang Organisasi, Yoel Finse Ulimpa mengatakan, dirinya mengecam tindakan yang dilakukan oleh pemilik akun facebook bernama Ambroncius Nababan.

Bagi dia, penyampaian kata-kata rasis, kemudian dengan foto-foto berbau rasis terhadap saudara Natalius Pigai, dinilai sangat tidak berperikemanusiaan dan sudah menghina sesama umat manusia.

” Postingan bernada rasis yang tertera pada status facebook tersebut dan ditujukan pada Natalius Pigai sungguh tidak manusiawi. Kami minta Bapak Kapolri segera tangkap oknum pelaku rasis ini,” tegas Yoel, Senin (25/01/2021).

Dengan postingan tersebut, dia sesalkan, sebab sampai menghina dan merendahkan sesama anak bangsa Indonesia, itupun hanya karena perbedaan pendapat.

” Kita semua tahu jelas, penghinaan yang dilakukan terhadap saudara Pigai, jelas berindikasi perbuatan pidana, sebagaimana ada di dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE),” tuturnya.

” Persoalan rasis harus menjadi prioritas pihak kepolisian, agar memberi sinyal kepada masyarakat lain persoalan ini (ujaran rasis), merupakan tindakan serius dan dapat memecah belah persatuan bangsa,” ungkap Yoel.

Dia menilai, dengan ujaran rasis yang dikeluarkan oleh akun di dalam facebook, tentu juga sangat melukai saudara-saudara orang Batak yang sudah lahir dan besar di Tanah Papua.

” Bisa saja karena ulah perbuatan satu orang, berimbas sampai membesar dan bisa membuat  perpecahan di antara sesama orang Papua dan saudara-saudara kita yang sudah tinggal lama di Papua”, ujarnya.

Yoel berharap, agar kejadian ini menjadi pembelajaran untuk semua dan tidak boleh ada yang serupa jangan terulang lagi, di masa depan. (Safwan)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com