Kepulauan Aru

Versi MRSBN, Paslon KAKA Unggul Tipis Dari JOIN

IMG-20201205-WA0032

AMBON,MALUKU – Merilis temuan surveinya, Media Riset Strategi Bedah Nusantara (MRSBN) membeberkan, untuk pilkada di Kabupaten Kepulauan Aru, pasangan calon (paslon) Timotius Kaidel-Lagani Karnaka dengan jargon KAKA unggul tipis dari pesaingnya Johan Ngonga-Muin Sogalrey dengan jargon JOIN.

” Dari hasil survei kami, menempatkan pasangan KAKA unggul dengan elektabilitas 40,97 persen tetapi dengan selisih elektabilitas yang sangat tipis. Keadaan yang seperti ini, sangat menguntungkan pasangan JOIN dengan 40,11 persen elektabilitas sebagai petahana. Dengan selisih yang tipis dalam margin eror, kedua pasangan berpeluang sama untuk menang,” ungkap Steve Paliama, Direktur MRSBN, kepada sejumlah wartawan, dalam keterangan persnya di salah 1 hotel di Kota Ambon, Jumat sore (04/12/2020).

Lebih lanjut dijelaskan olehnya, untuk tingkat pengenalan masyarakat terhadap paslon, JOIN unggul dengan 95,18 persen. Disusul KAKA dengan 90,06 persen. Sedangkan, untuk tingkat kesukaan masyarakat Aru terhadap paslon, diungguli KAKA dengan 70,98 persen, disusul JOIN dengan 70,61 persen. Persentase tipis.

” Memperhatikan segmentasi alasan memilih dan keterbukaan terhadap praktik-pratik money politic yang sangat besar dengan 39,15 persen terjadi di pilkada Aru, memberi pesan dan kecendrungan pemilih transaksional dan oportunis, menjadi sasaran yang dapat mempengaruhi kemenangan paslon. Dengan selisih elektabilitas yang sangat kecil, konsistuen partai politik atau partai pengusung, dapat menjadi kekuatan potensial untuk memenangkan pertarungan,” ungkapnya. (ulin)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com