Maluku

Survei MRSBN, FAHAM Unggul di SBT

IMG-20201205-WA0026

AMBON,MALUKU – Merilis hasil surveinya, Media Riset Strategi Bedah Nusantara (MRSBN) membeberkan, pasangan calon (paslon) Fachry Husni Alkatiry-Arobi Kelian dengan jargon FAHAM, unggul jika pilkada kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) dilakukan hari ini.

” Dari hasil survei kami, menempatkan paslon FAHAM sementara unggul dengan persentase 31,69 persen, beda tipis dengan paslon ADIL di posisi kedua 30,81 persen dan 26,94 persen pada posisi ketiga oleh paslon NINA RAMAH. Tetapi, masih ada dalam margin eror sehingga pergeseran posisi pemenang pada Kabupaten Seram Bagian Timur, tergantung pada konsistensinnya pergerakan paslon FAHAM di waktu-waktu tersisa, sampai hari H tanggal 09 Desember 2020,” ungkap Steve Paliama, Direktur MRSBN, Jumat (04/12/2020), kepada sejumlah wartawan di salah 1 hotel di Kota Ambon.

IMG_20201205_101520

Steve menuturkan, peluang pasangan ADIL sangat terbuka untuk menggeser posisi FAHAM bila mampu memperkecil range kekalahan pada basis-basis atau kecamatan- kecamatan yang dimenangkan oleh FAHAM.

Kendati demikian, peluang pasangan independen NINA RAMAH menggeser posisi paslon FAHAM atau ADIL masih tetap terbuka dan bila ada terjadi tsunami politik yang menimpa paslon FAHAM dan Pasangan ADIL

Dirinya mengakui, walaupun elektabilitas FAHAM unggul, tingkat pengenalan dan kesukaan masyarakat di SBT, masih unggul paslon ADIL dengan 95,72 persen di kenal dan 80,11 persen di sukai masyarakat.

Sedangkan, beda tipis, pada posisi kedua oleh paslon FAHAM dengan tingkat pengenalan 94,88 persen dan 70,04 persen disukai masyarakat. Sementara itu, walaupun berada di posisi ketiga, dengan persentase 90,78 persen paslon NINA RAMAH dikenal masyarakat SBT, 75,16 persen paslon dari jalur independen ini tempati posisi kedua disukai masyarakat SBT.

” Bukan hanya itu, politik identitas masih dominan sebagai rujukan pemilih di SBT. Persentase cukup tinggi, sebesar 39,44 persen dari faktor kesamaan suku dan jazirah,” sebutnya. (ulin)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com