Militer

Operasi Yustisi, Tidak Pakai Masker dan Helm Kena Hukum

IMG-20201216-WA0102

MANOKWARI,INTIM NEWS  – Kepolisian Daerah (Polda) Papua Barat, melaksanakan operasi Yustisi, dalam rangka mencegah penyebaran virus Covid-19 dan juga mengajak warga untuk patuh, setiap standar keselamatan saat berkendara.

Pada operasi Yustisi kali ini, jajaran Polda Papua Barat, melaksanakan operasi di Pasar Sentra Wosi, Kabupaten Manokwari.

IMG-20201216-WA0104

Ban Ops Polda Papua Barat, Ipda Defren mengatakan, kegiatan ini sesuai dengan perintah pimpinan, untuk terus mengingatkan masyarakat agar menggunakan masker dan helm saat berkendara.

” Kita semua tahu, di bulan Desember ini aktivitas masyarakat semakin meningkat. Jadi penggunaan masker dan helm sangat penting,” ucap Defren, Rabu (16/12/2020).

Lanjut dia, karena dengan menggunakan masker dan helm, setiap pengendara bisa menghindar dari virus, sekaligus melindungi kepala, saat terjadi kecelakaan di jalan.

” Terkadang masyarakat tidak terima dengan ini, namun kita selalu melakukan sosialisasi dan pemahaman, agar mereka bisa patuh, saat melakukan aktivitas berkendara,” tuturnya.

Selain memberikan pemahaman, kata dia, pihaknya juga melakukan tindakan fisik (Push Up) kepada pengendara, yang masih membandel.

” Kita sengaja membuat seperti itu (Push Up), agar para pengendara ini bisa sadar dan tidak mengulanginya lagi,” kata Defren.

Sementara itu, dia mengaku, semenjak Februari, operasi Yustisi ini dilakukan, hingga sekarang jumlah pengendara yang melanggar, sudah mencapai ribuan.

IMG-20201216-WA0105

” Sejak Februari kita lakukan operasi ini, kami rekap sudah sekitar ribuan yang melanggar baik tidak pakai masker maupun helm dan rata-rata anak muda,” ungkap Ban Ops Polda.

Selain itu menurut Susanto, salah seorang pengendara yang juga mendapat hukuman Push Up saat operasi, ia menilai langkah ini sangat bagus.

” Menurut saya kegiatan ini bagus, untuk memberikan pemahaman agar saat berkendara harus benar-benar sesuai, menggunakan masker dan helm itu wajib. Saya selaku pengendara, saat lewat tidak menggunakan helm, jujur kita rasa bersalah sekali,” akuinya.(Safwan)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com