Kesehatan

Pemprov Maluku dan Pemkab Malra Bertekad Tekan Angka Stunting

received_192291389286210

MALRA,MALUKU – Gubernur Maluku, Murad Ismail menyatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) terus berupaya menggalakkan berbagai program, dalam rangka penurunan stunting di Maluku untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia, khususnya anak-anak Maluku agar dapat tumbuh sehat dan cerdas.

“ Program pencegahan stunting, merupakan bagian dari upaya untuk memberikan perlindungan anak. Terkait dengan itu, Pemprov Maluku telah membentuk Kabupaten/Kota Layak Anak. Dimana telah terbentuk di Kota Ambon, Kabupaten Buru dan Maluku Tenggara,” sebut Gubernur, saat menghadiri pertemuan Koordinasi Terpadu Percepatan Penurunan Stunting dan Gizi Buruk, di Aula Kantor Bupati Kabupaten Maluku Tenggara (Malra),” Selasa (27/10/2020).

Gubernur katakan, percepatan pencegahan stunting di Maluku, telah diarahkan pada beberapa pilar yakni komitmen dan visi kepempimpinan, kampanye dan komunikasi perubahan perilaku, konvergensi koordinasi dan konsultasi program pusat daerah dan desa serta ketahanan pangan dan gizi.

“ Pilar-pilar ini telah dilaksanakan Pemprov Maluku yang didukung juga oleh komitmen dan kerja keras dari Duta Parenting Maluku, Widya Murad Ismail yang telah melakukan berbagai kunjungan di kabupaten/kota,” ungkapnya.

Gubernur memberikan apresiasi kepada Pemkab Malra yang telah berkomitmen untuk membentuk Kabupaten Layak Anak, berdasarkan kriteria yang ditentukan.

“ Saya berharap, dengan kehadiran Pemkab Maluku Tenggara sebagai Kabupaten Layak Anak, dapat berdampak bagi upaya percepatan pencegahan Stunting di Maluku,” tandasnya.

Untuk diketahui, dalam pertemuan koordinasi tersebut, dilakukan Penyerahan Rekomendasi Koordinasi Percepatan Penurunan Stunting Pemprov Maluku, dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malra Tahun 2020.

Pemprov Maluku memberikan sejumlah bantuan kepada Pemkab Malra yakni, penyerahan SK Gubernur Maluku tentang Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan Untuk Pembangunan Jalan Trans Kei Besar ke Pemkab Malra, bantuan operasional PAUD sebesar Rp5 juta dan bingkisan kasih berupa sembako kepada anak-anak stunting.

Kemudian, dilanjutkan dengan Pencanangan Kabupaten Layak Anak yang ditandai dengan penekanan tombol sirine yang dilakukan secara bersamaan, antara Gubernur Maluku dengan Bupati Malra, didampingi Widya Murad Ismail dan Eva Eliya Hanubun. (Jufri)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com