Kesehatan

Komunitas Jalan Sehat Matasiri Gelar Jalan Santai

IMG-20200914-WA0017

AMBON,MALUKU – Menjaga kesehatan di masa pandemi korona, Komunitas Jalan Sehat Matasiri (KJSM), menggelar jalan santai, Minggu (13/09/2020). Informasi yang diterima INTIM NEWS, komunitas yang terbentuk pada tahun 2019 ini, memiliki jadwal jalan pagi rutin setiap hari Minggu. Awalnya, komunitas ini memiliki rute tetap jalan pagi yang terbilang ekstrim yaitu Ambon – Tulehu dengan jarak 25 Km.

Pemilihan rute Ambon – Tulehu ini, selain untuk menempa fisik dan mental yang kuat, juga sebagai momen napak tilas dengan jejak perjalanan orang tua, dari Negeri Pelauw pada masa lalu yang menetap di Kota Ambon untuk mencari nafkah, jauh sebelum masa kemerdekaan Indonesia hingga setelah kemerdakaan. Dimana, pada saat itu perjalanan ke Ambon harus ditempuh dengan berjalan kaki dari Tulehu, begitu pun sebaliknya, sampai ruas jalan Ambon – Tulehu dirintis dan bisa dilalui oleh kendaraan.

Salah satu penggagas KJSM, Husein Tuasikal menuturkan, rute jalan pagi Ambon – Tulehu dipilih selain untuk menempa fisik, juga untuk menempa mental karena hanya orang dengan kemauan, semangat, motivasi dan mental yang kuat saja yang bisa menaklukan rute Ambon – Tulehu.

IMG-20200914-WA0016

” Awal mula rute Ambon – Tulehu ini dirintis, hanya dengan pemikiran dan anggapan, apa iya hanya orang tua kita dulu, dengan segala keterbatasannya dan dengan kondisi alam pada saat itu, yang bisa punya kemauan dan kemampuan untuk melakukan sesuatu dalam hidupnya dan kita-kita sebagai generasi penerus tidak bisa? Tentunya, ini selain untuk menjaga kita tetap sehat namun juga lebih untuk membangun semangat dan komitmen kumpul bersama,  dalam suasana kebersamaan komunitas,” ungkap Husein, yang kesehariannya berprofesi sebagai Notaris.

Ingatnya, selain rute Ambon – Tulehu, komunitas yang turut di dukung oleh DPD Ikatan Pemuda Pelajar Mahasiswa Pelauw (IPPMAP) Provinsi Maluku dan DPC IPPMAP Kota Ambon ini pun, pernah menjajal beberapa rute lain di dalam wilayah Kota Ambon, seperti rute mengitari Teluk Ambon (MCM – Halong – Lateri – Passo – Nania – Waiheru – Poka – JMP – MCM).

IMG-20200914-WA0018

Juga, bebernya, rute mengitari pusat kota (MCM – Batu Merah – Belakang Soya – Ponegoro – Tugu Trikora – A.Y. Patty – Tulukabessy – Batu Merah – MCM). Ada pula, rute tanjakan Ta’eno (MCM – Ta’eno), dan rute Hative Besar (MCM – Hative Besar). Namun seiring berjalannya waktu, agenda jalan pagi KJSM sempat terhenti akibat pandemi Covid-19. Dan pada bulan Agustus 2020, kegiatan jalan pagi KJSM mulai diaktifkan kembali, dengan memilih rute di dalam wilayah Kota Ambon dan dengan tetap menjalankan protokol kesehatan.

Informasi yang diterima INTIM NEWS, Minggu, 13 September 2020, KJSM kembali melaksanakan kegiatan jalan pagi dengan rute Maluku City Mall (MCM) – Hative Besar (Ambon City Of Music) dengan jarak tempuh 9 Km.

Peserta jalan pagi terdiri dari berbagai unsur masyarakat dalam berbagai usia dengan jumlah peserta sebanyak 64 orang. Ada ASN, Pengusaha, Notaris, Politisi, TNI, Polri, Pelajar, Mahasiswa, Ibu Rumah Tangga hingga beberapa pejabat daerah.

Tampak dalam barisan peserta yang memiliki khas warna kostum orange tersebut,  turut hadir Wakil Ketua DPRD Kota Ambon Rustam Latupono, Kepala Pelabuhan Perikanan Nusantara Ambon, Jafar Sahubawa dan Koordinator Komisi Yudisial Perwakilan Maluku, Amir Latuconsina.

Di sela-sela kegiatan jalan pagi tersebut, Jafar Sahubawa mengatakan, kegiatan jalan pagi KJSM ini, bertujuan untuk meningkatkan imunitas tubuh di tengah mewabahnya Covid-19, lewat kegiatan olahraga jalan pagi. Selain itu, juga sebagai momen silaturahim antar sesama warga Matasiri di Kota Ambon, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

IMG-20200914-WA0015

Jafar juga berharap, gerakan memasyarakatkan olahraga jalan sehat ini, bisa membentuk budaya jalan pagi, bagi masyarakat Ambon pada umumnya.

” Saya sangat mengapresiasi semangat  dan gerakan yang telah digagas oleh Komunitas Jalan Sehat Matasiri. Ini merupakan bentuk gerakan mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olah raga, melalui jalan sehat. Semoga gerakan dari Komunitas Jalan Sehat Matasiri ini, dapat mempengaruhi masyarakat Ambon, menuju masyarakat yang sehat dan terbentuk budaya jalan pagi,” pungkasnya.

KJSM merupakan sebuah komunitas jalan sehat yang digagas oleh beberapa tokoh masyarakat Pelauw di Kota Ambon, yang memiliki kesamaan semangat dan pandangan untuk selalu menerapkan pola hidup sehat. (IN06)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com