Ekonomi

Gelar Webinar, Indomatriks Consultant dan Narsum Bahas Manfaat BST

IMG-20200721-WA0056

AMBON,MALUKU – Diskusi online menjadi salah 1 alternatif bagi pegiat diskusi. Sama halnya dengan Indomatriks Consultant. Selasa (21/07/2020), gelar Web Seminar (Webinar) yang membahas tentang Manfaat Bantuan Sosial Tunai (BST) bagi Masyarakat di Ambon.

Informasi yang diterima INTIM NEWS, Webinar menghadirkan 4 orang pemateri sebagai narasumber
. Yaitu, Muhammad Adam, selaku Kepala Cabang PT. Pos Indonesia Cabang Ambon. Kedua, Dr. Nurhajati Jasin yang menjabat Kepala Dinas Sosial Kota Ambon. Ketiga, Dr. Paulus Koritelu, dari unsur Akademisi dan keempat,
Michael Siahaya, Sekretaris DPD GAMKI Maluku.

Dalam opening speech nya, Meis Lauterboom selaku moderator mengatakan, BST adalah bantuan sosial yang dikucurkan oleh Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementrian Sosial dan disalurkan oleh PT. POS Indonesia dan Himbara (Himpunan Bank Negara).

” Dalam penyelenggaraannya, kota Ambon sebagian besar disalurkan oleh PT POS Indonesia cabang Ambon dalam 3 tahap. Dan sudah terealisasi tahap tiga, dalam bulan Juli 2020 ini.

Senada, Muhammad Adam dari PT. Pos Indonesia Cabang Ambon dan Nurhajati Jasin, mengakui, ada beberapa masalah yang ditemukan hanya bertitik pada masalah data, yakni, adanya penerima manfaat yang dobel.

Dinas Sosial dan PT POS menjelaskan, adanya Berita Acara terkait data dobel yang dibuat oleh kelurahan juga Dinas Sosial dan diserahkan bersama dengan PT POS Cabang Ambon. Namun sejauh ini, data dobel sudah mampu ditangani. Terbukti, dengan update data yang dibayarkan di tahap 2 berkurang dari tahap 1 karena data dobel sudah dihilangkan.

” Ke depannya dalam skenario Kemensos, data usulan dari kelurahan / desa akan dimasukan ke DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial), dengan memperhatikan indikator-indikatornya. Diharapkan, masyarakat kota Ambon meningkatkan tertib administrasi agar dalam pengusulan DTKS, masyarakat tidak komplain lagi,” ungkap Nurhajati.

Sekedar tahu, Webinar ini melahirkan beberapa rekomemdasi. Pertama, disampaikan oleh Dr. Paulus Koritelu, perlu adanya transparansi data di tingkat kelurahan / desa sebagai langkah konkrit pencegahan, terjadinya data dobel ke depan.

Sedangkan, sebagai keterwakilan dari elemen pemuda yang diwakili oleh Sekretaris DPD GAMKI Provinsi Maluku, Michael Siahaya katakan, membangun kemitraan strategis dengan pemerintah dan sebagai Civil Society maka kita bangun pengawasan partisipatif dan memberikan input kepada pemerintah sehingga, pemerintah dalam tugas dan tanggung jawabnya mampu melakukan tugas-tugas penanganan Covid-19 di Maluku secara baik dan masyarakat yang terdampak, dapat di penuhi kebutuhannya selama masa pandemi.

Sebagai closing statement, Meis selaku moderator menyimpulkan, Bantuan Sosial Tunai sangat bermanfaat bagi masyarakat kota Ambon yang terdampak Covid-19. (IN06)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com