Ekonomi

Thaher Hanubun, Resmikan 3 Pasar Rakyat Di Elat Kei Besar

received_262582648316241

ELAT, MALUKU – Bupati Maluku Tenggara (Malra), M Thaher Hanubun, kembali melakukan kunjungan kerja ke Pulau Kei Besar, dalam rangka pengresmian Pasar Rakyat di Ohoi (desa-red) Elat, Kecamatan Kei Besar Tengah, Selasa (02/06/2020).

Dalam kunjungan ke Kei Besar, Bupati didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) A. Yani Rahawarin, sejumlah pimpinan DPRD, Kasdim 1503/Malra dan Pimpinan OPD teknis terkait.

Bupati dalam sambutannya menyampaikan, program Revitalisasi Pasar Rakyat merupakan pelaksanaan dari amanat Undang-Undang Nomor 7 tahun 2014 tentang perdagangan, guna pembangunan, pemberdayaan dan peningkatan kualitas pengelolaan pasar rakyat, demi meningkatkan daya saing ekonomi, serta Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2019,tentang Pembangunan Pasar Rakyat.

received_285069179339894

 

” Fungsi pasar sebagai salah satu penunjang kegiatan perekonomian, dengan tujuan untuk meningkatkan pelayanan dan akses yang Iebih baik kepada masyarakat konsumen, sekaligus menjadlkan pasar sebagai penggerak perekonomian daerah,” ungkap Bupati.

Menurutnya, Pasar Rakyat tersebut memang masih jauh dari apa yang jadi harapan masyarakat, yakni pasar yang besar dan mewah dan mampu menampung seluruh pedagang, baik yang kecil maupun besar.

” Inilah pasar yang bisa dibuat oleh Pemerintah Daerah kepada masyarakat Kei Besar, sebagai bentuk pengabdian yang kecil saja dan belum bermakna apa-apa. Tetapi dari yang kecil inilah, akan menjadi besar. Apa yang dirasakan masyarakat Kei Besar, Saya turut melihat dan merasakan langsung. Untuk itu, mari kita berlomba- lomba untuk berbuat sesuatu yang baik untuk daerah ini,” ajaknya.

received_584244952528765

Bupati menambahkan, untuk memperlancar arus distribusi barang serta meningkatkan daya saing pasar dalam negeri, perlu mengembangkan sarana perdagangan, berupa pasar rakyat yang diharapkan mampu mendorong perekonomian dan pendapatan masyarakat. Untuk itu, peran serta stakeholder dan partisipasi masyarakat sangat diperlukan

” Saat ini, Kei Besar sudah dilayani Tol Laut, listrik sudah 24 jam nyala, pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan, serta rencana pembangunan jalan Trans Kei Besar. Maka kesadaran masyarakat untuk menerima pembangunan, mutlak diperlukan sebagai wujud kebersamaan dalam pembangunan daerah,” pungkasnya.

Bupati dalam kesempatan itu, juga menginstruksikan Dinas PU setempat, agar segera memperhatikan penerangan lampu dan pengerjaan akses jalan dan jembatan, menuju lokasi pasar yang terletak di pengeringan Ohoi Elat, sehingga meskipun pasarnya kecil, namun terlihat indah dan dapat digunakan oleh pedagang sembako, ikan, pakaian, juga untuk pasar malam.

Untuk diketahui, selain pengresmian Pasar Rakyat di Elat, bersamaan secara simbolis Bupati juga meresmikan 2 pasar rakyat lainnya yakni, Pasar Rakyat Mastur Baru di Ohoi Rat, Kecamatan Kei Kecil Timur dan Pasar Rakyat Fangfur Langgur, Kecamatan Kei Kecil.(IN-09)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com