Community

TBM Rumah Inspirasi dan Yayasan Indah Salurkan Bantuan Alat Semprot Di Negeri Iha Kulur

IMG-20200418-WA0041

SBB,Maluku-– RUMAH Inspirasi Iha-Ulupia dan Yayasan Insan Sehat Sejahtera (Indah) menyalurkan bantuan alat semprot kepada tim pencegahan Corona Virus alias Covid-19 negeri Iha dan Kulur, Sabtu (18/04) sore hari ini.

Penyerahan secara simbolik langsung oleh direktur Rumah Inspirasi Iha-Ulupia, Muhammad Fahrul Kaisuku kepada ketua tim pencegahan covid 19 negeri Iha, Salihin Samal yang juga menjabat Raja Negeri Kulur (pejabat).

Dalam pernyataan resminya, Kaisuku mengakui bantuan tersebut hasil kolaborasi pihaknya dan Yayasan Indah dibawah koordinator Turaya Samal selaku pengurus region provinsi Maluku.

“Ini merupakan kolaborasi bersama yayasan yang dibina oleh bapak Haji Hambra Samal. Tokoh nasional asal Maluku. Kebetulan kita Rumah Inspirasi yang dipercayakan untuk menyalurkan bantuan kemanusiaan ini,” ungkap Kaisuku.

Kaisuku merincikan, bantuan yang disalurkan berupa lima unit alat semprot yang targetnya untuk dusun-dusun dibawah pemerintahan negeri berteon/teun Ama-Iha Ulupia tersebut.

Kaisuku menegaskan, selaku pelaku volountir yang bergerak di wilayah sosial dan pendidikan, gerakan ini dapat mematik semangat hidup *masohi* serta menginspirasi untuk adik-adik dan *basudara* di negeri Iha Kulur untuk terus menjadikan buku dan Al-Quraan sebagai sahabat.

“Artinya ini bagian dari program promotif literasi kepada masyarakat,” tegasnya.

Pasalnya, lanjut Kaisuku, bukan saja alat semprot, Rumah Inspirasi juga menyerahkan masker dan selembaran edukasi perihal pandemi dan imbauan PKM Perwatan Iha.

“Kami ajak masyarakat terutama generasi emas Iha Ulupia untuk membaca buku. Satu hari, satu lembar saja. Baca buku apa saja, baca selembaran apa saja. Akan terbiasa untuk membaca nantinya. Semua yang dilakukan ini demi masa depan SDM negeri ini 10, 20 tahun kedepan,” pungkasnya.

Sementara Turaya Samal, pengurus Yayasan Indah saat di konfirmasi media ini, mengakui adanya penyerahan alat semprot di negeri Iha.

“Hari ini alat semprot. Dalam waktu dekat bersama rumah inspirasi juga akan membagikan masker kain kepada masyarakat di negeri tersebut. Tentu juga kami akan jangkau petuanan,” akuinya.

Turaya yang juga seorang anggota DPRD Provinsi Maluku itu berharap, bantuan yang diberikan dapat dimanfaatkan dengan baik untuk memutus mata rantai Corona Virus di wilayah tersebut.

“Semoga dapat membantu bapak/ibu di posko induk negeri Iha. Selanjutnya kami akan langsung menjangkau wilayah petuanannya,” singkatnya.

Di kantor sekretariat tim, Ketua penanganan – pencegahan Covid 19 negeri Iha Kulur, Salihin Samal sesat sebelum menerima bantuan tersebut menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi.

Dirinya mengakui, pastinya bantuan yang disalurkan itu sangat membantu.

“Memang kami butuh alat tersebut. Insya Allah kami akan menjalankan tugas kami sebagaimana yang diinginkan masyarakat terhindar dari cobaan ini,” singkat Samal

Pejabat negeri Kulur ini menjelaskan, di negeri Iha Kulur terdapat 6 posko termasuk satu posko Induk.

Lima posko lainnya tersebar di dusun dusun dibawah pemerintahan negeri Iha.

“Terbatas dalam hal akses apalagi APD maka, kami kesulitan untuk menjamin ketersediaan logistik posko di dusun-dusun. Tapi dengan inisiasi dari anak-anak kami di Rumah Inspirasi sehingga kami bisa sedikit lega. Terimakasih juga kepada yayasan Indah,” pungkas Samal.

Untuk diketahui, dalam penyerahan penyemprotan tersebut, ketua Tim Covid19 negeri Iha Kulur didampingi kepala Puskesmas Perawatan Iha Ismail Samal, Bhabinkamtibmas Brigpol Mualana Lattupono dan sejumlah tim lapangan Covid19 negeri Iha Kulur.

Sedangkan penyerahan selebaran edukasi, masker diberikan oleh Direktur Rumah Inspirasi kepada Babinsa, Serma Dulhamid Puttuhena pagi tadi (4 jam sebelum) dilakukan penyerahan alat semprot. (IN-01/Rul)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com