Maluku

Covid-19 Pilkada Tunda, Kualitas Demokrasi Terjaga

20200413_165356
Edison Lapalelo - Direktur Parameter Konsultindo Wilayah Maluku

AMBON,MALUKU – Di masa menunggu, adanya penundaan pilkada serentak 2020 lantaran mewabahnya Virus Covid-19 di Indonesia, membuat kualitas demokrasi pun terjaga.

Hal ini disampaikan oleh Edison Lapalelo selaku Direktur Parameter Konsultindo wilayah Maluku, Senin (13/04/2020) kepada INTIM NEWS di kantornya.

Selain itu, Edison katakan, semua elemen yang berproses pada pilkada, harus mendukung penundaan pilkada itu sendiri. Seperti bakal calon kepala daerah, partai politik dan tim sukses.

” Secara pribadi dan lembaga, Saya sangat mendukung dan bukan sekedar mendukung, Saya kira mengimbau semua masyarakat, para bakal calon kepala daerah harusnya juga mendukung proses penundaan ini karena virus korona. Juga partai politik, Saya juga berharap selain bakal calon dan partai politik juga tim suksesnya, mari mendukung proses penundaan ini. Artinya, supaya pilkada 2020 yang ditunda ini, kualitasnya terjaga,” imbaunya.

Alasannya, sebut Edison, 2 alasan besar adalah pertama, underline penundaan ini karena virus Covid-19, membantu pemerintah bekerja sama dengan semua stakeholders untuk memutus mata rantai penyebaran korona ini. Supaya kita bisa menyesuaikan dengan social distancing dan physical distancing, pemerintah sementara galakkan PSBB, supaya penyebaran virus korona ini putus.

Kedua, jelasnya, untuk menjaga kualitas demokrasi. Artinya, supaya pilkada 2020 yang ditunda ini, kualitasnya terjaga. Jangan sampai karena terburu-buru atau alasan lainnya, lalu dalam keadaan virus korona tidak maksimal kerja elemen yang terlibat dalam pilkada.

” Jangan karena terburu-buru, penyelenggara tidak maksimal. Kerja Bawaslu tidak maksimal dalam pengawasan, juga tidak maksimal bakal calonnya, partai politik dan rakyat tidak mendapat informasi mengedukasi, terkait dengan pemilukada dalam hal ini, visi misi dari calon kepala daerahnya, harus benar-benar didaratkan, ke masyarakat. Disitulah kualitas demokrasi kita terjaga,” tuturnya. (IN06)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com