Ekonomi

Warga Ambon Terbantukan Dengan PJU PLTS Oleh Mercy Barends

IMG_20200309_205535

AMBON,MALUKU – Atas keluhan dan aspirasi warga Kota Ambon di beberapa kelurahan dan desa, Mercy Barends perjuangkan di Kementerian terkait dan langsung terealisasi di tahun 2019 lalu. Bantuan tersebut berupa Penerangan Jalan Umum (PJU) Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

IMG_20200309_194508

Olehnya itu, guna mengecek kepastian pemasangan PJU PLTS tersebut, Srikandi PDI Perjuangan ini tinjau langsung ke beberapa titik di Kota Ambon, Senin malam (09/03/2020). Pantauan INTIM NEWS, timbul respon positif dari warga yang menerima manfaat dari adanya lampu jalan yang menggunakan tenaga matahari ini.

IMG_20200309_193928

” Kami atas nama masyarakat di Batu Gajah atas, berbahagia karena ada kepedulian salah satu anggota legislatif DPR RI , Ibu Mercy. Beliau terbukti adalah tokoh perempuan, srikandi Maluku. Dia menepati janjinya untuk kepentingan kita menikmati lampu jalan ini. Sebelumnya, jalan setapak yang kami lewati selama ini gelap gulita. Kami ber terima kasih karena sangat terbantu. Syukur kepada Tuhan dan kiranya Ibu Mercy diberkati,” ungkap Ais Timisella, salah satu Ketua RT di Batu Gajah.

IMG_20200309_201615

Sementara itu, selaku Sekretaris Negeri, Edwin Samalelawai menuturkan, kami pemerintah Negeri Urimessing, sangat bersyukur dan berterima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Ibu Mercy. Karena ini sangat membantu kami masyarakat di Negeri Urimessing, terkhusus di kampung Siwang.

IMG_20200309_202145

” Kami masyarakat beberapa kampung di Urimessing, memang masih sangat membutuhkan uluran tangan dari pemerintah. Ya, salah satu perwakilan dari Maluku, Ibu Mercy sudah membantu kita, khusus kampung siwang disini, dalam bantuan lampu sollar sell . Tetapi sejujurnya, banyak kampung di Urimessing yang masih membutuhkan bantuan seperti ini,” ucapnya, di Kampung Siwang, tepatnya di kawasan RT/006 dan RW 006.

IMG_20200309_201251

Dirinya mengakui, Kampung Tuni, Seri, Mahia, sama sekali memang belum tersentuh oleh bantuan pemerintah secara langsung. Kalau memang masih marginal, memang masih marginal. Aksesnya saja sulit. Akses jalan menuju kampung-kampung itu saja sulit.

Kendati demikian, sekalipun alokasi dana desa dari pemerintah pusat sudah cukup mendarat untuk coba kami lakukan sesuai dengan mekanisme dan prosedur yang ada, namun seyogyanya Urimessing ini punya luas wilayah yang sangat luas. 1 negeri dengan 5 kampung. Dana desanya Rp 1,5 miliar, yang kita terima. Kalau secara menyeluruh di bagi ke 5 kampung, dengan 37 RT yang ada, di kalkulasi masih sangat kecil. 1 kegiatan pembangunan saja, tidak mampu untuk di 1 RT.

IMG_20200309_203758

Sedangkan, Ketua RT 006/RW 005 Denny Parera, mengatakan, pada prinsipnya kami mengucapkan terima kasih, atas kepedulian Ibu Mercy terhadap masyarakat Maluku khususnya Kota Ambon, lebih terkhusus juga kami di Kelurahan Wainitu. Yang mana, memang, sudah melihat kebutuhan kami menyangkut penerangan jalan. Kami tidak menyangka juga, kami bisa menyentuh itu.

IMG_20200309_204041

” Harapan kami, bukan cuma penerangan lampu ini. Banyak kepedulian khususnya pemberdayaan masyarakat yang lain. Misalnya, kelompok-kelompok nelayan. Kami di pesisir pantai dan ada kelompok- kelompok usaha lain berupa meubeler dan las. Memang, disini ada beberapa warga yang punya keterampilan itu. Sampai saat ini belum menyentuh. Kalau boleh, bisa berupa bantuan pemberdayaan lain, yang bisa menyentuh masyarakat. Kami mengucapkan terima kasih kepada Ibu Mercy, dalam melihat kepentingan dan kepedulian Ibu di OSM, khususnya di RT 006/RW 005 ,” ungkap Denny.

IMG_20200309_205657

Lanjut tinjau ke Benteng, Min Yohanes salah 1 Ketua RT di kawasan Pasar Kaget menyampaikan, kami 5 RT di Kelurahan Benteng Pasar Kaget, berterima kasih sekali kepada Ibu Mercy. Karena, pada waktu sosialisasi menjelang pemilihan umum, di RT kami, aspirasi dari masyarakat yang ada, kebetulan waktu itu saya yang mengusulkan minta perhatian untuk lampu jalan .

“Saya kaget. Akhirnya, dengan adanya lampu-lampu ini, kami sudah bisa beraktifitas dengan lancar dan tidak terjadi hal-hal yang dapat menyusahkan kami,” ungkapnya.

Sekedar tahu, pada titik-titik lokasi yang dikunjungi, Mercy salurkan aspirasi masing-masing 10 PJU PLTS. (IN06)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com