Maluku Tengah

Tuasikal Minta KPN Hindari Penyalah Gunaan Keuangan Negeri

IMG-20200307-WA0008

Masohi, Maluku- Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua,SH melantik dua Kepala Pemerintah Negeri (KPN) masing-masing Drs. Mohammad Zain Amahoru sebagai KPN Iha dan Wilhellem Alexander Wattimena sebagi KPN Itawaka kecamatan Saparua Timur.

Prosesi Pelantikan berlokasi di kantor Bupati Malteng pada Jumat, (06/03/2020) yang di hadiri oleh pimpinan OPD lingkup Pemda Malteng dan Saniri Negeri kedua Desa.

Tuasikal dalam sambutannya usai melantik KPN Iha dan Itawaka meminta agar kedua KPN tersebut dapat melaksanakan tugas dengan baik serta dapat menghilangkan rasa perbedaan maupun suka dan tidak suka dalam masyarakat di kedua negeri.

“Memang pada saat saudara-saudara di proses oleh Saniri Negeri, ada banyak tantangan dan rintangan yang di hadapi. Bahkan ada terjadi pro dan kontra dalam masyarakat di masing-masing negeri, “ucap Bupati.

KPN diharapkan mampu merangkul dan menyatukan masyarakat yang ada di negeri karena baginya seorang pemimpin yang berdiri di depan masyarakatnya adalah pemimpin bagi masyarajat yang di pimpin.

Baginya, Perbedaan pilihan dan perbedaan pendapat dalam menentukan KPN di setiap negeri termasuk di Negeri Iha maupun Itawaka adalah hal yang biasa karena merupakan proses demokrasi.

Olehnya itu untuk menjaga stabilitas keamanan dan kenyamanan dalam negeri sangat di harapkan peran aktif KPN dalam mempersatukan masyarakatnya.

“Kalau masyarakatnya sudah bersatu dan saling bergandengan tangan maka saya yakin negeri yang di pimpin akan maju dan masyarakatnya pasti sejahtera, tegasnya,” ucapnya.

Selain itu juga, Bupati minta agar Amahoru sebagai KPN Iha dan Wattimena sebagai KPN Itawaka harus menghindari penyalah gunaan keuangan negeri, baik yang bersumber dari Dana Desa (DD) maupun Alokasi Dana Desa (ADD).

“Kalau bapak raja bersama bendahara sudah cair dana maka harus di peruntukan kepada masing-masing bidang untuk dapat mengelola keuangan tersebut sesuai bidang dan tupoksinya masing-masing,” imbaunya.

Bupati mewanti wanti kedua KPN untuk tidak menyalahgunakan keuangan desa jika tak ingin berurusan dengan proses hukum.

“Olehnya itu sebagai kepala pemerintah di daerah ini Tuasikal sangat berharap agar KPN Iha dan Itawaka untuk terus dan senantiasa menghindari adanya penyalah gunaan kewenangan dan keuangan dalam negeri,” harapnya. (IN-19)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com