Kesehatan

Tim Gugus Tugas Laporkan 7 Poin Perkembangan Pencegahan Covid 19 di Malra

IMG-20200328-WA0001

MALRA,MALUKU – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maluku Tenggara (Malra), menyampaikan laporan terkait penanggulangan Covid-19 melalui Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang disampaikan oleh Ketua Gugus Tugas, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Malra, Drs. M. Ingratubun dan Sekretaris Dr. K. Notanubun, di Media Center Penanganan Covid-19 Kantor Bupati Baru, jalan Abraham Koedoeboen, Langgur-Debut, Jumat (27/03/2020).

Pada kesempatan tersebut Tim Gugus Tugas menjelaskan, pertama, Kamis, 26 Maret 2020 dilaksanakan Acara Ritual Adat Lanjutan, yang berlokasi di Kecamatan Kei Besar dan Tamangil, oleh Dewan Adat yang terdiri atas Para Rat Kepulauan Kei, sebagai manivestasi Kebudayaan Suku Kei, agar sekiranya Kepulauan Kei dapat terhindar dari bahaya penyebaran Covid – 19.

Kedua, Kamis, 26 Maret 2020 Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Malra, melaksanakan sosialisasi terkait himbauan Bupati dan maklumat Kapolri, terkait Covid-19 pada 6 Kecamatan yang berada di daratan Pulau Kei Kecil.

Ketiga, Kamis, 26 Maret 2020, Sekretaris dan Anggota Gugus Tugas setempat melakukan pertemuan di RSUD Karel Sadsuitubun Langgur, yang dihadiri oleh Direktur dan seluruh kepala ruangan, kepala instalasi membahas tentang isu-isu negatif yang berkembang di media sosial.

Keempat, Kamis, 26 Maret 2020 dilakukan pemeriksaan rutin bagi penumpang maskapai Wings Air dan Susi Air, di Bandar Udara Karel Sadsuitubun Langgur, dengan jumlah penumpang yang diperiksa sebanyak 137 orang dan hasil pemeriksaan NEGATIVE (tidak ditemukan gejala penderita Covid -19).

Pemeriksaan rutin juga dilakukan di Pelabuhan Motor Watdek, dengan jumlah yang diperiksa sebanyak 179 penumpang dan Pelabuhan Motor Elat sebanyak 60 orang. Hasil pemeriksaan NEGATIVE (tidak ditemukan gejala Covid-19)

Kelima, Kamis, 26 Maret 2020, pukul 20.00 WIT, dilakukan pemeriksaan pada pelaku perjalanan di hotel dan penginapan di Malra. Hasil pemeriksaan pada Hotel Syafira, sebanyak 1 orang laki-laki asal Surabaya, Hotel Suita 2 orang diantaranya, 1 orang laki-laki asal Makassar dan 1 orang perempuan asal Ambon, check-in tanggal 24 Maret 2020. Penginapan Surya Inn Pemda terdapat 2 orang laki-laki asal Bogor dan Bekasi, check-in tanggal 22 Maret 2020. Hasil pemeriksaan terhadap semua tamu hotel tersebut diatas, NEGATIVE (tidak ditemukan gejala penderita Covid-19).

Keenam, Kamis, 26 Maret 2020, terdapat laporan dari masyarakat terdapat 2 orang mahasiswi berjenis kelamin 1 laki-laki dan 1 perempuan yang baru kembali dari Malang dan bertempat tinggal di belakang Hotel Dragon. Terhadap mereka, dilakukan pemeriksaan dan hasilnya NEGATIVE (tidak ditemukan gejala penderita Covid-19).

Ketujuh, Jumat, 27 Maret 2020 dilakukan penyemprotan disinfektan pada lokasi antara lain, kantor BNI Langgur, BRI, Hotel Grand Villia, Hotel Dragon, Bank Modern Express, Rumah Sakit Hati Kudus, Kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Malra, Kantor Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah, Dinas Pendidikan dan Hotel Suita Langgur.

Hingga Informasi ini disampaikan, Jumat, 27 Maret 2020 pukul 11.00 WIT, Kabupaten Maluku Tenggara masih terdapat 2 ODP (Orang Dengan Pemantauan) dengan rincian, a. ODP 1 jenis kelamin perempuan, usia 38 tahun beralamat di Watdek. Saat ini sementara rawat jalan dengan riwayat perjalanan dari luar negeri (Abu Dhabi). 1 ODP ditetapkan pada tanggal 23 Maret 2020.

b. ODP 2 jenis kelamin laki-laki , umur 51 tahun alamat Wearsten. Saat ini, dirawat di RSUD Karel Sadsuitubun Langgur, dari luar daerah (Jawa-Bali). ODP 2 ditetapkan tanggal 25 Maret 2020. Kedua ODP tersebut, tetap dilakukan pemantauan selama 14 hari untuk dilakukan pemeriksaan ulang. (IN09)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com