Kesehatan

Kunjungi Tanimbar Kei, Bupati Bersama Komandan Satuan Bawa Bantuan dan Tim Dokter

IMG-20200327-WA0006

MALRA,MALUKU – Bupati Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) M. Thaher Hanubun, didampingi para Komandan Satuan, diantaranya, Danlanal Tual I Gusti Putu Wisnawa, Dandim 1503/Malra La Ode M. Sabaruddin, Danlanud Dumatubun Yulianto Nurcahyo dan Waka Polres Malra Denni Ubro, bersama tim Dokter TNI, menyambangi Ohoi Tanimbar Kei, Kamis (26/3/20).

Pantauan INTIM NEWS, kedatangan orang nomor satu di Kabupaten Malra itu, dalam rangka sosialisasi Covid-19 dan silaturahim sekaligus memberikan dukungan kepada masyarakat Tanimbar Kei, lebih khusus kepada warga beragama Hindu yang baru saja selesai melaksanakan ibadah Hari Raya Nyepi , Tahun Baru 1942.

Kedatangan Bupati dan pimpinan TNI-POLRI itu, tampak berbeda dari biasanya. Lazimnya kunjungan kepala daerah, biasanya dijemput oleh ratusan masyarakat dan diselingi dengan prosesi penyambutan secara adat dan suguhan tarian penjemputan sebagai bentuk penghormatan kepada kepala daerah.

IMG-20200327-WA0004

Hal itu sama sekali tidak terlihat, ketika Bupati dan para Komandan TNI POLRI tiba di Ohoi Tanimbar Kei. Saat tiba, Bupati hanya dijemput oleh pejabat ohoi dan perangkat Ohoi Tanimbar Kei.

” Sudah ada larangan agar masyarakat jangan berkumpul lebih dari 10 orang. Kalau ada, harus jaga jarak. Tidak boleh ada kontak fisik. Jadi jangan ada yang berjabat tangan lagi, cukup dengan meletakkan dua tangan di bawah dagu atau saling menundukkan kepala. Karena penyebaran Virus Corona dari bersin, batuk dan jabat tangan,” ujar Bupati, sambil mempraktekkannya di hadapan pejabat dan perangkat Ohoi Tanimbar Kei.

Dalam kunjungannya, Bupati menyerahkan bantuan beras kepada 169 Kepala Keluarga dan alat pengukur suhu tubuh Termometer Infrared.

IMG-20200327-WA0005

” Ini alat pengukur suhu tubuh, kalau ada warga di sini, ketika dites dan suhunya lebih dari 37 sampai 38 derajat, segera dibawa ke rumah sakit untuk diperiksa,” katanya, sambil menyerahkan alat tersebut kepada petugas puskesmas.

Bupati juga mengajak warga setempat, untuk memanfaatkan kedatangan para dokter, guna mengikuti pemeriksaan kesehatan dan pengobatan secara gratis, oleh tim Dokter Spesialis dari Lantamal Tual dan Pangkalan Lanud Dumatubun Langgur.

Kepada media ini, Pejabat Ohoi Tanimbar Kei, Kores Rahanmitu, mewakili warga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Bupati dan para Komandan Satuan TNI-POLRI dan tim dokter yang sudah berkunjung ke Ohoi Tanimbar Kei.

Akuinya, kami juga menyampaikan permohonan maaf karena kami tidak dapat melaksanakan acara penjemputan, terkait adanya larangan berkumpul untuk mencegah covid-19.

IMG-20200327-WA0007

Ia berharap, agar Bupati dapat menginstruksikan kepada Dinas Kesehatan, guna menambah tenaga kesehatan terutama dokter.

” Kami berharap melalui bapak Bupati, agar dapat menambah petugas kesehatan, terutama dokter. Karena hanya ada dua orang petugas medis yang ada di Puskesmas Pembantu (Pustu) di ohoi kami,”pintanya.

Untuk diketahui Ohoi Tanimbar Kei, dicanangkan sebagai Desa Pancasila dan miniatur Indonesia. Dalam desa yang kecil itu, terdapat kepercayaan penduduk yang sangat beragam. Ada agama Hindu, Islam, Katolik dan Protestan, yang hidup rukun dan damai. (IN09)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com